BP Jamsostek Serahkan Santunan JKM dan JHT Secara Simbolis Kepada Ahli Waris

  • Whatsapp

Oleh Jecko Poetnaroeboen

LANGGUR, AMUNISINEWS.CO.ID – Manager Gota Supermarket, Eddy Mohammad Miskat,  SE, atas nama Pimpinan Gota Supermarket, Jumat (27/3/2020) menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) dan santunan Jaminan Hari Tua (JHT) dari badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) BP Jamsostek kepada ahli waris Eta Esterlina Ohoiledwarin, Ibunda dari Almarhumah Rafika Bugis.

Penyerahan santunan secara simbolis kepada ahli waris Eta Esterlina Ohoiledwarin, berlangsung di Gota Supermarket kabupaten Maluku Tenggara, yakni meliputi santunan Jaminan Kematian Rp 42.000.000,- (JKM) dan santunan Jaminan Hari Tua Rp 1.869.820,- (JHT). Total santunan yang diserahkan Rp 43.869.820,-.

Santunan Jaminan Pensiun (JP) Berkala sebesar Rp 350.700,- /bulan yang berhak di terima oleh Ahli waris yaitu orang tua kandung selama hidupnya sampai dengan meninggal dunia.

Kepala BP Jamsostek cabang Tual, M Saleh Afif B mengatakan, bahwa terkait dengan masalah santunan  perlu menghimbau untuk pekerja terutama kepada pemberi kerja atau pengusaha itu perlu untuk memberikan jaminan khusus dalam melindungi seluruh tenaga kerja yang di pekerjakan.

“Kami BP Jamsostek mengelola emapat program yakni meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP),” katanya.

“Apa yang baru saja kita lihat bersama bahwa berkaitan dengan khasus diatas terhitung tanggal 2 desember 2019 sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 82 Tahun 2019 terdapat kenaikan manfaat sampai dengan 1.350 % salah satunya adalah terkait dengan santunan Jaminan Kematian (JKM), manfaat sebelumnya JKM dari Rp 24 juta naik menjadi Rp 42 juta,” ungkapnya.

Selain itu, Almarhumah Rafika Bugis ini sendiri sudah terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek untuk Jaminan Pensiun (JP) minimal masa kepesertaan satu (1) Tahun atau dua belas (12) bulan masa iuran, maka Ahli warins berhak mendapatkan manfaat bulanan jadi skemanya sama persis dengan gaji PNS dan Ahli waris akan mendapatkan gaji secara bulanan dari BP Jamsostek.

 

Pos terkait