Pabrik Kosmetik Palsu Digerebek, TigaTersangka Dibekuk

  • Whatsapp

 

oleh Ulis JP

KAKARTA, AMUNISiNEWS.CO.ID-Polda Metro Jaya, menggerebek peredaran kosmetik ilegal di daerah Depok Jawa Barat. Tiga orang tersangka berinisial RK, S, dan RM berhasil diamankan petugas, dalam penggerebekan home industri tanpa izin edar dari BPOM tersebut.

“Usai mendapat laporan warga, soal adanya home industri kosmetik ilegal tanpa adanya izin edar dari BPOM, Subdit 3 Narkoba membentuk tim dan menagkap pelaku,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Selasa, (18/02).

Menurut Yusri, saat dilakukan penggerebekan, perusahaan tersebut lanjut Yusri, tengah memproduksi. Bahkan, home industri kosmetik tersebut sambung Yusri telah beroperasi selama lima tahun lalu.

“Ternyata perusahaan tersebut telah beroperasi sejak tahun 2015 lalu,” tambahnya.

Guna melancarkan aksinya, ke tiga tersangka itu mempunyai peran yang berbeda-beda. Di mana tersangka RK kata Yusri, berperan untuk belanjakan bahan-bahan produksi kosmetik. Sebab, tersangka RKsebelumnya, adalah mantan karyawan perusahaan kosmetik pada tahun 2005.

“MF berperan sebagai pembuat. Diketahui MF ini bersekolah di jurusan Farmasi dan juga merupakan bekas pegawai. Sedangkan pelaku S bertindak sebagai pengantar barang yang sudah dipesan,” jelasnya.

Senada dengan Kabid Humas, hal serupa juga disampaikan oleh Kanit 1 Subdit 3 Ditresnarkoba PMJ, Kompol Trisno W Putro. Menurut Trisno, pihaknya saat ini masih melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut.

“Masih kami dalami terkait pendistribusiannya. Apa disebar ke toko-toko kosmetik atau hanya toko yang melakukan pemesanan,” tandasnya.

Atas perbuatannya itu, ketiga tersangka inidejerat dengan Pasal 196 UU 36 tentang Kesehatan dengan ancaman penjara 1 tahun dan denda Rp1 miliar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *