Panwaslu Sosialiasi Pengawasan Partisipatif

  • Whatsapp
Oleh Jecko Poetnaroeboen

LANGGUR, AMUNISINEWS.COM – Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) kabupaten Mauku Tenggara melaksankan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang melibatkan unsur OKP, Siswa – Siswi SMU dan SMK Se – Kabupaten maluku tenggara, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu 2018.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Maluku Tenggara, Maximus Leftew. S. Sos Kepada wartawan Amunisinews saat ditemui di Ballroom Syafira Hotel, Selasa (21/11).

Maximus Leftew mengatakan, bahwa tujuan dari pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif ini berujuan untuk dapat melibatkan seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu 2018 dan hal ini bukan semata – mata dilaksanakan pengawasan oleh Panwalsu kabupaten Maluku Tenggara.

“Untuk itu, pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif ini dapat bertujuan untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat turut serta berpartisipasi dalam pesta demokrasi yang bersih, berkualitas dan bermartabat di kabupaten maluku tenggara,” papar Leftew.

 Maximus Leftew berharap dengan adahnya pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif ini juga kirahnya dapat dikembangkan lagi oleh seluruh peserta baik dimanapun dia berada baik di lingkungan masyarakat sekitarnya dan bahkan di tempat lain yang membutuhkan informasi yang lebih akurat.

Selain itu, dia juga menjelaskan tentang keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di dalam pelaksanaan Pemilu 2018 ini dengan berpihak kepada salah satu kandidat tertentu maka seseorang yang dimana sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak serta merta untuk menjastifikasi seseorang tanpa data yang akurat.

“Oleh karena itu, apabila terdapat pelangaran yang berkaitan dengan adahnya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat Politik Praktis maka kami juga tidak segan – segan untuk menindak sesuai dengan fungsi Panwaslu berdasarkan undang – undang yang berlaku,” katanya.

Leftew juga menyampaikan pejelasan – nya kepada Panwascam Se – Kabupaten Maluku Tenggara pada hari kamis mendatang bahwa hal ini akan mengalami keterlambatan dikarenakan setelah melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah kepada Panwascam se – Kabupaten Maluku Tenggara bertepatan dengan panggilan mengikuti kegiatan diluar daerah sehingga pelaksanaan kepada Panwascam mengalami keterlambatan.

Pos terkait