Patroli Petugas Gabungan Tegakan Aturan PSBB di Danau Sunter

  • Whatsapp

Oleh, Tim/red

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID.– Petugas gabungan unsur Tiga Pilar (Pemerintah, TNI-Polri) menggelar patroli penegakan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sekitar Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Hasilnya, puluhan joran (alat pancing) disita petugas dari para pemancing yang masih nekat berkegiatan ditengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Utara Yusuf Majid mengatakan, patroli diawali dengan penyemprotan cairan disinfektan dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran ke tepian Danau Sunter sisi selatan dan utara. Dikarenakan pemancing tetap bertahan di tepi danau, akhirnya petugas kembali menyisir lokasi itu dan menyita puluhan joran dari para pemancing.-dirilis.utara.jakarta.go.id.

“Kita sudah ingatkan berkali-kali kepada mereka (pemancing), tapi masih tidak patuh. Akhirnya kita sita alat pancingnya. Mereka bisa mengambil lagi jorannya ke kantor Satpol PP Jakarta Utara untuk kami BAP (Berita Acara Pemeriksaan) agar tidak mengulanginya lagi,” tegas Yuma, saat ditemui di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (26/4).

Tindakan tegas itu, dipastikannya sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan PSBB Dalam Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta dan Keputusan Gubernur DKI Nomor 412 Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan C0vid-19 di Provinsi DKI Jakarta.

Selain karena kawasan Danau Sunter sudah ditutup, keberadaan para pemancing dapat berpotensi besar dalam penyebaran Covid-19. Ditambah keberadaaannya yang berkerumun tanpa tidak menerapkan jaga jarak fisik dan sosial.

“Di upayakan. apa yang sudah disosialisasikan pada PSBB tahap pertama seperti social distancing (jaga jarak sosial), physical distancing (jaga jarak fisik), dan tidak berkerumunan bisa ditaati. Tidak ada lagi hal seperti itu di DKI dan Jakarta Utara saat PSBB lanjutan ini,” jelasnya.

Tak hanya di Kawasan Danau Sunter, petugas gabungan juga menyisir sekitar Jalan Gorontalo, Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sejumlah pedagang kecuali kuliner diminta tutup hingga mencegah melintasnya pengendara yang tidak mengenakan masker. Pengamen ondel-ondel pun ditahan petugas untuk dimintai keterangan.

“Ini kami lakukan untuk kebaikan mereka. Kami harap masyarakat mematuhi agar penyebaran virus Corona bisa kita tekan,” tutupnya.

 

Pos terkait