Pembagian Daging Qurban di Jembatan Gambang Berjalan Lancar

  • Whatsapp
Foto Bersama Panpel Penyembelihan Qurban Masjid Jamiatul Khair, Ngatiman Hermanto Ketua Panpel (berpeci putih). (gambar : Gie)

AMUNISINEWS.COM, Jakarta – Pada Senin (12/9) seluruh umat muslim di dunia merayakan hari raya Idul Adha 1437 H, Idul Adha selalu identik dengan ‘Lebaran Haji’ atau ‘Idul Qurban’ untuk umat muslim di tanah air.

Hal ini juga terlihat di Jalan Jembatan Gambang I Rt 06/Rw 01 Kelurahan Pejagalan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara, tepatnya di depan Masjid Jamiatul Khair.

Ngatiman Hermanto selaku Ketua Panitia Pelaksana Penyembelihan Hewan Qurban di Masjid Jamiatul Khair menuturkan, tahun ini jumlah hewan qurban yang diterima panitia cukup lumayan baik.

“Tahun ini ada 4 ekor sapi dan 8 ekor kambing, untuk sapi mengalami peningkatan yang cukup baik. Tahun lalu tercatat hanya ada dua ekor sapi dan sekarang lebih, ini menjadi prestasi tersendiri untuk para penabur qurban di wilayah kami,” tutur Ngatiman Hermanto atau yang biasa disapa ‘Pak Haji’.

Hewan qurban juga dipantau langsung oleh Sudin Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara bersama dua orang Mahasiswi Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Hewan qurban disini cukup baik dan terlihat sehat secara fisik serta aktif, dan dari pengecekan organ dalam (Jeroan,Jantung dan hati) terlihat sangat baik, tidak terlihat cacing pita dan layak konsumsi dan diberikan kepada yang berhak,” ujar Risna perwakilan Sudin Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara.

Dengan sidak ini, Sudin Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara berjanji akan memberikan penyuluhan dan pembelajaran untuk Panpel penyembelihan hewan qurban untuk edisi yang akan datang.

Panpel penyembelihan hewan qurban Masjid Jamiatul Khair menyiapkan dan memberikan 450 paket daging qurban yang langsung diberikan kepada para mustahik (yang berhak menerima).

“Tahun ini kami (panpel) menyiapkan empat ratusan lebih paket daging qurban untuk yang berhak menerima, semoga bermanfaat dan mampu disyukuri, karena kesuksesan acara ini berkat kerjasama semua tim panitia, kurang lebihnya saya memohon maaf, karena kami sudah bekerja sebaik mungkin,” ungkap pak haji.

Kedepannya pak haji berharap lebih banyak lagi paket daging qurban yang dibagikan kepada masyarakat Jembatan Gambang.

“Tahun ini kan ada empat ekor sapi, semoga aja tahun depan bisa lebih, paling tidak bisa menyamai jumlah seperti tahun ini,” ujar pak haji sambil tersenyum.

Bahkan masyarakat non muslim pun merasa terkejut dengan pembagian daging qurban kali ini. “Saya sempat kaget dapat kupon qurban, seumur umur saya tinggal dikampung ini belum pernah merasakan pembagian daging qurban, terima kasih buat panitia qurban, semoga tahun depan bisa mempertahankan momentum yang baik seperti ini,” ujar seorang warga pada Amunisinews.

 

Oleh : Ryan S.

Pos terkait