Pemda Bangka Bangun Jalan Tanpa Berm

  • Whatsapp

Oleh Herman Saleh

BANGKA, AMUNISINEWS.CO.ID-Terpantau, Jum’at (24/11/2018) Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas PU PR membangun jalan tanpa adanya Berm atau Bahu Jalan.Hal itu dilakukan oleh Pemda Bangka pada saat pemeliharaan berkala ruas jalan jurusan SP Jurung ke arah Batuampar, di Kecamatan Merawang dengan dana DAK Tahun 2018 dengan masa pelaksanaan 09 April sampai dengan 4 November 2018 yang dikerjakan oleh PT Sinar Matahari Abadi (SMA) dengan nilai dana Rp 6.023.744.100.00

Padahal Bahu Jalan adalah bagian tepi jalan yang dipergunakan sebagai tempat untuk kendaraan yang mengalami kerusakan berhenti atau digunakan oleh kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran, polisi yang sedang menuju tempat yang memerlukan bantuan kedaruratan dikala jalan sedang mengalami tingkat macet yang tinggi.

Selain itu bahu juga dipergunakan sebagai tempat menghindar dari kecelakaan lalu-lintas terutama pada jalan yang tidak dipisah dengan median jalan, khususnya pada saat ada kendaraan yang menyalib tetapi kemudian dari arah yang berlawanan datang kendaraan, sehingga kendaraan yang datang dari depan bisa menghindar dan masuk bahu jalan. Oleh karena itu konstuksi bahu tidak boleh berbeda ketinggian dari badan jalan. Secara hukum,bahu jalan tidak boleh digunakan untuk mendahului kendaraan lain tetapi hanya untuk kebutuhan darurat kendaraan umum atau saat ada kecelakaan.

Kemiringan bahu jalan juga mesti diatur sesuai dengan Specifikasi Tehnik yang sudah di RAB kan karena kalau kemiringan Bahu Jalan yang tidak baik ditambah pula dengan bahu dari jenis tidak diperkeras akan menyebabkan udara hujan akan merembes masuk kelapisan perkerasan jalan. Hal ini dapat menghasilkan turunnya daya perkuatan, lepasnya ikatan antara agregat dan aspal yang akhirnya dapat memperpendek usia pelayanan jalan.

Sementara itu saat di konfirmasi Amunisi News pada Jum’at siang (24/11) Kepala Dinas PU PR Hairil ST MT tidak berada di tempat, hal yang sama juga dengan Kepala Bidang Bina Marga Panca ST juga tidak berhasil ditemui. Amunisi News sudah berusaha untuk konfirmasi melalui pesan singkat melalui whatsaap, namun juga tidak ditanggapi oleh yang bersangkutan.

Pos terkait