Pemekaran Lima Ibukota Kecamatan Disejui DPRD Malra

  • Whatsapp
received_1276448655699672
Esebius Utha S

AMUNISINEWS, Malra : Malra mempercepat pembangunan secara merata pada wilayah pedesaan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemda Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) telah menetapkan lima Ibu Kota Kecamatan baru Lima Kecamatan di Wilayah Kabupaten Malra.

Masing-masing, yakni Kecamatan Manyeuw dengan Ibu Kota Kecamatan Ohoi Debut, Kecamatan Hoat Sorbay dengan Ibu Kota Kecamatan Ohoi Tetoat, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan dengan Ibu Kota Kecamatan Ohoi Danar, Kecamatan Kei Besar Utara Barat dengahn Ibu Kota Kecamatan Ohoi Uwat dan Kecamatan Kei Besar Selatan Barat dengan Ibu Kota Kecamatan Ohoi Langgiar Feer.

Sesuai pantauan AmunisiNews diitetapkannya keputusan ini maka Ibu Kota yang sebelumnya dipakai sebagai pusat penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan dipindahkan ketempat yang sebagaimana telah ditetapkan melalui paripurna DPRD kemarin,

Hal ini dikatakan Esebius Utha Safsafunun, Kamis (01/09/16).

Lebih lanjut dikatakan Wakil Ketua DPRD Utha.Safsafunun Keputusan atas persetujuan DPRD Kabupaten Malra sehubungan dengan Ohoi yang menjadi pusat Ibu Kota Kecamatan ini mulai berlaku sejak tanggal penetapan yakni, tanggal 23 Agustus 2016 lalu.

“Persetujuan DPRD Maluku Tenggara untuk pemekaran lima Kecamatan baru tersebut di setujui oleh semua anggota DPRD Kabupaten Malra untuk dilakukan pemekaran lima kecamatan tersebut,” ujarnya.

Diakuinya, paripurna tersebut telah terjadi proses tarik menarik tentang penetapan lima Ibu Kota Kecamatan pada internal anggota DPRD.

“Namun, puji Tuhan proses penetapan Ibu Kota lima Kecamatan tersebut disetujui secara resmi melalui paripurna DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Olehnya itu, sehubungan dengan lokasi atau wilayah yang akan dipakai untuk pembangunan kantor Kecamatan itu merupakan kewenangan dari pemerintah daerah Kabupaten Malra, karena pemerintah Kabupaten Malra sebelum menetapkan lokasi pembangunan kantor Camat pada lima ibu kota Kecamatan tersebut, terlebih dahulu melakukan pengkajian terhadap tata letak lima kantor Kecamatan itu,”ungkapnya • FP-19

Pos terkait