Pemerintah Desa Kemang Laksanakan Musrenbangdes Tahun Anggaran 2022

  • Whatsapp

Oleh: Lambas

Bogor, AMUNISINEWS.CO.ID – Pemerintah Desa Kemang melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) desa tahun anggaran 2022 di Kantor Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Rabu (22/9).

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Camat Kemang didampingi Kasi Ekbang, Kasi Kesra, Kasi Trantib, Kades Kemang, BPD, LPM, dan semua stakeholder Pemerintah Desa Kemang.

Musrenbang itu sendiri merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu oleh setiap lini dalam satu pemerintahan, baik lini pemerintah itu sendiri maupun masyarakat, juga tempat untuk menyepakati usulan agar sama-sama mengawal sampai terealisasi.

Entang Suana SE, selaku Kepala Desa, mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam Musrenbang desa tersebut, sebelum sampai ke kantor desa Kemang, beliau menjelaskan sudah lebih dulu melaksanakan musywarah dusun sebagai awal penyampaian aspirasi masyarakat Kemang, khususnya desa Kemang.

“Setiap aspirasi yang masuk ke Musrenbang ini sudah merupakan skala prioritas dengan pertimbangan yang sudah matang untuk diusulkan ke kabupaten, propinsi, maupun pusat,” kata Entang Suana.

Entang juga memaparkan pembangunan desa kemang di tahun 2022 diprioritaskan untuk pembangunan sanitasi, dalam mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Bogor sehat.

“Semoga dalam tahun 2022 situasi masa pandemi sudah tidak ada sehingga Pembangunan desa Kemang dapat tercapai sesuai yang direncanakan dan diprogramkan,” ucapnya.

Sementara Ketua BPD Desa Kemang, mengatakan tahap demi tahap dalam menuju Musrenbangdes, sudah dimulai dari pelaksanaan musyawarah dusun dari tanggal 15-19 September lalu di lima dusun.

Dimana hasil musyawarah dusun tersebut merupakan aspirasi masyarakat dari setiap dusun dengan skala prioritas tanpa mengurangi rasa keadilan bagi aspirasi masyarakat yang belum masuk.

Kepala seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan Ibu Titin, menjelaskan bahwa desa Kemang adalah desa kelima yang sudah melaksanakan Musrenbangdes untuk Anggaran Tahun 2022.

“Untuk pengajuan pembangunan semuanya akan kita usulkan akan tetapi ada yang menjadi pertimbangan khusus yaitu skala prioritas,” ujar ibu Titin.

Sementara Edi Suwito selaku Camat Kemang, dalam sambutanya menjelaskan alur pembangunan dalam satu pemerintahan yaitu bahwa penyelenggaraan pembangunan harus diawali program perencanaan yang matang dan terukur, hal tersebut sejak bulan Januari sampai finalnya dibulan Desember.

“Sehingga pada tiba saatnya musrenbangdes ini, semua sudah terpaparkan untuk pembangunan yang akan diusulkan, dan bersama-sama kita kawal hingga terealisasi dan dilaksanakan,” pungkasnya.

Edi Suwito juga mengajak seluruh stakeholder agar bersinergi yang baik, dan untuk semua wilayah yang ada di wilayah Desa Kemang agar jangan hanya perduli kepada wilayahnya masing-masing supaya pencapaian pembangunan dapat terlaksana maksimal.

“Saya berharap kedepannya masyarakat mampu menjadi pelaku jangan hanya penonton dan tergerus oleh pembangunan itu sendiri,” ucap beliau.

Terkait pembangunan joging trek yang berlokasi disetu Kemang dengan panjang 400×2,5 M, terkesan dipersulit, karena hal serupa sudah dilaksakan oleh desa yang lain, meskipun kita terkendala namun kita tidak akan menyerah dan akan terus kita upayakan hingga terealisasi,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *