Pemerintahan Laura-Faridil Sediakan 1.050 Sambungan Air Bersih

  • Whatsapp

Oleh Rhonye Daniel M

Kran-air

NUNUKAN, AMUNISINEWS.COM- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) memberikan perhatian yang serius terhadap pemenuhan kebutuhan air bersih untuk warga Nunukan.

Petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Nunukan memastikan sambungan murah telah terpasang di rumah penduduk yang berpenghasilan rendah.  Pemenuhan pelayanan dasar air bersih menjadi perhatian serius oleh pemerintahan Bupati Nunukan  Hj.Asmin Laura Hafid,SE.MM dan Wakil Bupati Nunukan  Ir.H.Faridil Murad,SE.MT.

Tahun ini misalnya, dianggarkan pemasangan hingga 1.050 sambungan air bersih PDAM Nunukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah.“Program tersebut  diklaim yang pertama di Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara),dan “Pemkab Nunukan memberikan perhatian yang serius terhadap pemenuhan kebutuhan air bersih untuk warga Nunukan,meskipun kondisi Anggaran darah berada pada kondisi yang cukup krisis.“Kami masih memberikan prioritas berupa sarana air bersih untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Nunukan dan wilayah Kecamatan Nunukan Selatan,”ujar Bupati Nunukan.

Dari 1.050 sambungan yang dialokasikan untuk warga berpenghasilan rendah tersebut, 500 sambungan telah terpasang pada bulan Juli 2017 lalu,dan pada bulan Agustus hingga September-pertengahan Oktober ini sisa 550 sambungan diharapkan sudah terealisasi.“Dan sambungan ini dikhususkan untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah, Pemkab Nunukan  memberikan tanda khusus yaitu tutup berwarna kuning pada sambungan PDAM, ”jelasnya.

Dan rencana Pemkab Nunukan bersama PDAM Nunukan, tak hanya berhenti pada tahun ini,agar semua warga Nunukan dapat terjangkau air bersih maka,program pemasangan murah air bersih kembali dianggarkan pada Tahun 2018. Direktur Perusahaan Daerah Air  Minum (PDAM) Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara, Masdi,SE berharap pada 2019 warga Nunukan di 19 kecamatan semuanya sudah terjangkau air bersih.

Selain itu, Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid juga berharap dengan mengoptimalisasikan anggaran,program tersebut benar-benar menyentuh  langsung kepada masyarakat kurang mampu.“Nanti saya cek langsung pekerjaannya di lapangan,” kata Asmin Laura memastikan.

editor Hendra Usmaya

 

 

.

Pos terkait