Pemkab Takalar Gelar Rapat Pendampingan Mentoring PUG

  • Whatsapp

Oleh : Hamzahr Siriwa

TAKALAR, AMUNISINEWS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana (KB), Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(PPPA) melaksanakan kegiatan Pendampingan mentoring pengarusutamaan gender di ruang pola Kantor Bupati Takalar. Senin, 30 April 2018.

Kegiatan ini digelar dalam rangka pemenuhan indikator penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Kabupaten Takalar Tahun 2018 Yang dihadiri oleh OPD-OPD terkait.

Tim Fasilitator Ir.Suciati Sapta Margani, M.Si dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prov. Sulsel menyampaikan bahwa persamaan gender ini tidak hanya menyangkut tentang kaum perempuan saja tapi membahas menyeluruh baik kaum laki-laki yang menyangkut tentang pendidikan, sosial, koperasi, catatan sipil serta OPD-OPD yang terkait dengan pendampingan pengarusutamaan Gender.

“Harus ada komitmen kita bersama serta seluruh OPD dalam tanggungbjawab kita untuk meningkatkan SDM terutama dalam hal Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) terkait pemerataan Pengarusutamaan Gender (PUG) yang tidak pernah lepas dari peran serta masyarakat.” kata Suciati Sapta Margani.

Sementara Dr.Hj. Irma Andriani S.Pi, M.Si, saat memimpin rapat selaku ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar mengatakan bahwa gender berbeda denganjenis kelamin karena gender adalah suatu perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang kontruksikan oleh masyarakat dan sangat bersifat dinamis.

Lanjut dikatakan banyak/ beragamnya stereotype terhadap perempuan dan laki-laki yang berkembang di masyarakat terkhusus kaum laki-laki akan lebih dikenal rasional (masuk akal), kuat dan tegas sedangkan untuk kaum wanita akan lebih kearah yang bersifat emosional, lemah sensitif atau rayuan.

“Kami berharap melalui program mentoring ini dapat mencapai suatu strategi pembangunan dalam kesetaraan gender sehingga pemenuhan indikator APE dapat tercapai di tahun 2018.” Jelasnya

 

editor: maliki hd

 

Pos terkait