Pemkot Jakut Sholat Jumat Pertama Dimasa PSBB, Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Foto, istimewa

Oleh, Tim/red

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID.- Pegawai Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar sholat Jumat di Masjid Babbus Salam Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (5/6). Untuk menghindari penyebaran Covid-19, kegiatan sholat Jum’at pertama yang dilakukan pada masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi ini tetap menjalankan protokol kesehatan.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Wawan Budi Rohman yang juga Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM ) Masjid Babbus Salam mengatakan jika hari ini adalah hari yang sudah lama ditunggu segenap umat Muslim semua.”Bisa kembali melaksanakan sholat Jumat berjamaah seperti sediakala,” katanya.

Sebelum pelaksanaan, Wawan menerangkan jika pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan dengan pembatasan 50 persen jamaah.
“Tujuannya untuk meminimalisir penularan Covid-19. Untuk protokol lainnya para jamaah kami sarankan saat beribadah jemaah harus menggunakan masker. Membawa sajadah dan alat shalatnya masing-masing. Tidak menggunakan karpet atau permadani. Menyiapkan tas untuk alas kaki, menghindari kontak fisik, seperti bersalaman dan berkerumun dimana selesai beribadah langsung pulang ke rumah. dirilis.utara.jakarta.go.id.

Selain itu, Wawan juga menambahkan jika pihaknya terus melakukan proses pembersihan Masjid menggunakan cairan disinfektan.
“Baik sebelum dan sesudah kegiatan. Untuk diluar kegiatan ibadah, maka Masjid ditutup dan tidak dibuka sepanjang waktu. Akan dibuka menjelang waktu sholat saja,” tuturnya.

Sementara Ketua MUI Jakarta Utara, KH. Ahmad Ibnu Abidin, Lc mengatakan sangat sukacita di Masa pandemi ini bisa melakukan sholat Jumat kembali.
“Namun kami ingatkan kepada seluruh jamaah untuk selalu disiplin, saling menjaga, baik menjaga diri dan orang lain. Karena hanya dengan kesadaran kita bersama, kita bisa keluar dari cobaan pandemi ini,” katanya.

Untuk seluruh pengurusan Masjid di Jakarta Utara, Ahmad mengingat agar menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan buat para jamaahnya.
“Seperti menyiapkan alat pengukur suhu, tempat mencuci tangan, membuat batas jarak antar jamaah dan selalu mengingatkan jamaah akan protokol tersebut baik melalui pengeras suara ataupun banner,” ucapnya.

Harap diketahui, dalam pelaksanaan sholat Jumat tersebut Waliklota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, Wakil Walikota Ali Maulana Hakim, Sekretaris Kota Desi Putra hadir sekaligus memastikan berjalannya protokol kesehatan  dengan baik.

 

Pos terkait