Pemukulan Gong Simbol Dari Penutupan Festival Way Kambas

oleh Nova

LAMPUNG TIMUR AMUNISINEWS.CO.ID– Kemeriahan Festival Way Kambas tahun 2019 yang merupakan festival utama dalam Kalender Event Wisata Lampung Timur yang juga masuk sebagai salah satu Event Nasional itu resmi ditutup, Minggu (10/11/2019).

Acara penutupan sendiri ditandai dengan dilakukannya pemukulan gong sebanyak sembilan kali oleh Duta Besar Negara Slovakia, Mr. Jaroslav Chlebo yang juga hadir bersama sang Istri, dan disaksikan langsung oleh Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, serta hadir pula Duta Besar Negara Bosnia and Herzegovina, Mr. Momcilo Vukovic beserta anak dan istri. Selain itu terdapat pula Wakil DPR RI Bidang Politik dan Keamanan, Azis Syamsudin, Forkopimda Lampung Timu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Timur, Yossy Syahrudin.

Memeriahkan semarak penutupan Festival Way Kambas hari ini, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur memulai nya dengan menggelar kegiatan Way Kambas Adventure Trail yang mana diketahui diikuti oleh kurang lebih 400 peserta dengan mengambil rute sekitar Way Kambas. Diketahui, dalam rangka memeriahkan acara tersebut hadir pula para crosser dari Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Selain dimulai dengan adventure trail, digelar pula lomba tari bedana di Rest Area Way Kambas dan XC MTB. Untuk XC MTB sendiri, sebanyak 172 Peserta turut ambil bagian dalam event ini. Peserta-peserta tersebut tidak hanya berasal dari Kabupaten Lampung Timur saja namun juga berasal dari Kabupaten Lain seperti Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Lampung Barat, dan Pesawaran. Bahkan terdapat pula peserta dari luar daerah Lampung seperti, Muara Enim, Palembang Kota, Lahat, Lubuk Linggau dan Cilegon. Selain itu diketahui bahwa seorang Atlet Pelatnas atas nama Muhammad Maydanil Arham juga turut ambil bagian dalam perlombaan XC MTB kali ini yang mana ia berhasil keluar sebagai juara pertama untuk kategori Men Open. Sementara itu untuk kategori Women Open dimenangkan oleh Ela Restiana Asal Lampung Timur.

Memasuki acara inti, kemeriahan acara penutupan tersebut kembali pecah saat aksi Tari Bedana Masal dimulai. Untuk diketahui, Tari Bedana merupakan tarian yang dibawakan oleh muda mudi atau dalam Bahasa Lampung biasa disebut Muli Mekhanai dalam acara tertentu sebagai ungkapan rasa gembira.

Selain untuk memeriahkan acara puncak penutupan Festival Way Kambas tahun 2019, penampilan tari bedana ini juga bertujuan untuk melestarikan sekaligus untuk memperkenalkan dan mempromosikan tari dan budaya Lampung ke kancah Nasional bahkan Internasional.

Dalam sambutannya sebelum menutup acara, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan bahwa Festival Way Kambas merupakan salah satu ajang promosi wisata yang ada di Lampung Timur dan diharapkan dapat menjadikan Lampung Timur lebih dikenal di mata dunia.

“Meski festival ini berlangsung ditengah musim kemarau namun itu tidak menyurutkan semangat masyarakat Lampung Timur untuk bersukaria menyambut Festival Pesona Way Kambas ini, oleh karena itu saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu sekalian yang telah menyempatkan hadir dan memeriahkan acara ini, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Lampung Timur selalu kompak”.

Masih oleh Zaiful, “Semoga dengan terlaksana dan semaraknya Festival Way Kambas ke-19 tahun 2019 ini dapat mengangkat Kabupaten Lampung Timur dan Provinsi Lampung menjadi lebih maju dan lebih dikenal di mata dunia. Akhirnya saya ucapkan sampai jumpa di tahun depan, Tahun 2020 pada event yang sama”, pungkas orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan itu.

Selain Way Kambas Adventure Trail dan Tari Bedana Masal, acara penutupan festival way kambas hari ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain digelarnya Festival Motor Antik, Way Kambas Idol, Lomba Tari Bedana, Festival Buah Nusantara, serta ditutup dengan pengumuman para pemenang dari seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan mulai dari hari pertama pembukaan hingga penutupan serta dihibur dari penampilan artis Duo Intan. ( Nova )

39 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KORAN AMUNISI

dan AMUNISINEWS.CO.ID

Ide dasar penerbitan Surat Kabar Umum (SKU) Amunisi dan Amunisinews.co.id antara lain membantu pemerintah dalam upaya penegakkan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP-RI) No, 68 tahun 1999, yang ditetapkan pada 14 Juli 1999 mengatur bagaimana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara, termasuk membantu penegakan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Amunisi adalah bagian dari masyarakat, yang diharapkan pula dapat berperan aktif. Karena itu, sebagai media cetak, yang akan turut serta dalam penegakkan hukum di Indonesia, Amunisi harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Tentunya, diaflikasikan dalam bangun tubuh (halaman) dengan organ-organ (rubrikasi) yang tepat sasaran, yakni setiap yang disajikan adalah berisi informasi-informasi yang digali melalui kerja keras investigasi dengan pendalaman yang dapat dipertangungjawabkan.