Pendaftaran Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Sambas Dibuka

  • Whatsapp

Oleh Martin/

SAMBAS AMUNISINEWS.CO.ID,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Kalimantan Barat resmi membuka pendaftaran paslon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sambas 2020.

Pendaftaran bagi paslon dibuka selama 3 hari, mulai dari tanggal 4 s/d 6 september 2020.

“Berdasarkan ketentuan pasal 38 peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 tentang pencalonan pemilihan Gubernur/Wagub, Bupati/Wabup dan Walikota-Wawako, sebagaimana telah beberapa diubah,berdasarkan ketentuan peraturan komisi umum Nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan komisi pemilihan umum. Untuk pendaftaran paslon selama tiga hari mulai tanggal 4 sampai 6 september 2020.” ujar Sudarmi Ketua KPU Sambas, minggu 30 Agustus 2020.

Untuk pendaftaran hari pertama dan kedua dimulai pukul 08:00Wib-16:00Wib, untuk hari terakhir dibuka sampai pukul 24:00Wib. Pendaftaran berada di kantor KPU Sambas Jl. Gusti Hamzah No.16 Desa Durian.

Sudarmi mengatakan Syarat bagi paslon dari parpol atau gabungan parpol harus sesuai perolehan kursi di DPRD.

“Syarat paslon bagi parpol/gabungan parpol harus sesuai dari hasil pemilihan umum DPRD tahun 2019 dengan perolehan kursi sebanyak 9 kursi di DPRD, atau jumlah suara sah dari parpol/gabungan sebanyak 73.183 (tujuh puluh tiga ribu seratus delapan puluh tiga) suara sah.” jelas Sudarmi ketua KPU dengan tegas.

Pendaftaran Paslon harus menyerahkan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon yang dibuat dua rangkap. Dan mengenai kondisi pandemi Covid-19, maka paslon agar memperhatikan protokol kesehatan yang telah diterapkan.

“Untuk saat pendaftaran paslon,wajib menyerahkan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dalam dua rangkap,satu dokumen asli dan sisanya salinan dimasukkan dalam map dan ditulis dengan huruf kapital nama paslon. Dan setiap paslon agar mengikuti protokol kesehatan sebagaiman dituang pada peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gub/Wagub, Bup/Wabup, Wako/Wawako serentak lanjutan dalam kondisi bencana Covid-19. Formulir persyaratan pendaftaran dapat diambil di kantor KPU Sambas, informasi lebih lanjut mengenai proses dan tata cara pendaftaran paslon bupati dan wakil bupati sambas 2020 dapat menghubungi Helpdesk KPU Kabupaten Sambas, Jl. Gusti Hamzah No.16 Desa Durian, Sambas. Narahubung : Zainuddin,S.Sos (0858 2266 1978).” katanya.

Penulis : Martin
Editor : Redaksi AMUNISINEWS.CO.ID

Pos terkait