Peringati HUT TNI ke 74, Lanal Tual Tanam Mangrove

  • Whatsapp

Oleh Jecko Poetnaroeboen

TUAL, AMUNISINEWS.CO.ID – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tual resmi menggelar bakti sosial Penanaman 5000 mangrove di pantai Ohoi / Desa Tamedan, Kecamatan Dulllah Selatan guna bertujuan untuk Memperingati HUT ke 74 TNI.

Penanaman mangrove yang diselenggarakan di Pantai Sorbat yakni melibatkan unsur Pimpinan TNI – POLRI, Pimpinan SKPD Kota Tual, Pimpinan BUMN Kota Tual dan Malra, Pimpinan unsur Maritim, Pimpinan Perguruan Tinggi Negri dan Swasta, Camat Dullah Utara, Kepala Desa Tamedan dan Raja Dullah serta TNI Polri Wilayah Kota Tual dan Malra.

Hal ini dikatakan oleh Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa kepada media Amunisinews, senin (7/10).

Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa dalam sambutanya mengatakan selain dalam rangka merayakan HUT Penanaman mangrove juga dilakukan dalam rangka pemecahan rekor muri yang dilakukan TNI AL secara serentak di seluruh Indonesia sebanyak 300.047 (Tiga Ratus Ribu empat Puluh Tujuh).

“Secara nasional terpusat dipantai indah kapuk Jakarta, sementara itu untuk Kota Tual sebanyak 5000 mangrove yang ditanam di dua Lokasi diantaranya Desa Taar sebanyak 2500 pohon dan 2500 di Pantai Sorbat Tamedan,” ujarnya.

Untuk itu, Lanal Tual sebagai komponen Maritim memiliki tugas salah satunya membina potensi Nasional Kekuatan Maritim (BINPOTNASKUATMAR) yaitu dengan memelihara lingkungan hidup khususnya Di Wilayah Desa Pesisir.

Lebih lanjut, kegiatan yang akan kita laksanakan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Kota Tual dapat Merehabilasi hutan mangrove untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan mangrove sehingga Daya dukung produktivitas dalam mendukung sistem penyangga kehidupan dapat terjaga.

Selain itu, Lanal Tual mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Tual untuk ikut Peduli terhadap Penghijauan Lingkungan dan Kelestarian Alam, dan Perlindungan Pantai terhadap ABRASI yang di sebabkan karena Air Laut.

“seperti yang kita ketuhui bersama dimana banyak tempat di Kota Tual Petaninya terkena Abrasi oleh kuatnya Air Pasang Surut, dan Penanaman mangrove di Pantai dapat mengurangi bahkan dapat mencegah terjadihnya Abrasi.” katanya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *