Perpindahan Data Jakarta Kuningan Terkendala SIAK Terpusat

  • Whatsapp
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kuningan, Jawa Barat.

Perpindahan Data Jakarta Kuningan Terkendala SIAK Terpusat

Oleh: Rukmana

Kebijakan pemerintah melalui Kemendagri dalam rangka pengelolaan data kependudukan adalah dengan dibuatnya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ) Terpusat .

Namun ternyata sistem SIAK tersebut belum sempurna, di Kabupaten Kuningan, Sistem pelayanan online data kependudukan dari Jakarta ke Kuningan, Jawa Barat dengan diterapkannya SIAK membuat pelayanan sedikit terhambat.
Hal ini dijelaskan oleh Helmi bagian pelayanan di Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kuningan Jawa Barat, Jum’at 17/09/2021 di loket pelayanan, “saat ini kami terkendala dengan peraturan yang mengharuskan kami melaporkan setiap perpindahan penduduk ke SIAK Terpusat, kendalanya sistem SIAK ini masih dalam masa transisi sehingga pelayanan menjadi lambat,” keluh Helmy.

Kondisi ini sangat berbeda dengan Jakarta yang dengan sistem pelayanan satu pintu (PTSP) mampu memberikan pelayanan yang sangat prima.

Abdul Rohim pria kelahiran Kuningan mengajukan permohonan SKPWNI dari Sumatera Utara hanya melalui whatsapp dan dilayani dengan baik oleh Sudin catatan sipil Jakarta Utara, menurut Edward Kasudin catatan sipil Jakarta Utara, kami memberikan pelayanan prima kepada masyarakat agar masyarakat terlayani dengan baik sehingga Jakarta menjadi percontohan kota administrasi terbaik dan tercepat dalam melayani,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *