Pidato Anies Tidak Ada Masalah!

  • Whatsapp

Oleh Tim

jamal yamani-2 spektrum,

JAKARTA, AMUNISINEWS.COM- Advokad Cinta Tanah Air (ACTA), melalui Sekjen Jamaal Yamani, SH menilai pidato yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anes Baswedan soal pribumi bukanlah sebagai satu unsur pelecehan, merendahkan ataupun menghina terhadap kelompok lain.

“Konteksnya sudah jelas, bahwa Anies dalam pidato tersebut  untuk mengingat, mengulang tentang sejarah di mana dulu bangsa kita dikatakan pribumi berjuang melawan kolonial sebelum Kemerdekaan. Karena adanya pelaporan inilah sehingga jadi bermasalah,” kata Jamaal Yamani SH dalam keterangan resminya, kemarin.

Jamaal Yamani mencontohkan seperti dikatakan seorang negarawan dan pejuang  Jend. Charles de Gaulle (1890-1970)  bahwa yang alergi dengan kedaulatan pribumi hanya dua, yaitu penjajah asing dan dudak  asing.

“Mereka yang memandang atau menuduh bung Anies itu Rasis, harus buka dan baca lagi tentang sejarah, bahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla pun mengatakan hal yang sama , bahwa ini konteksnya sejarah,” ujar Jaamal Yamani.

Jika bung Anies dikatakan Rasis, kata Jamaal, bagaimana kasus penghinaan Gubernur NTB yg dihinakan oleh seorang bernama Steven dengan kasarnya?. “Jadi buat mereka yang alergie dengan kata pribumi kemudian mentabukan untuk diucapkan dasarnya harus jelas.

“Kata Pribumi terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan merupakan kekayaan perbendaharaan Bahasa Indonesia. Kemudian juga ada pada Encyclopedia of Modern Asia (Macmillan References USA),” jelas Jamal Yamani.

jamaal yamani- spektrum

Pidato Aniespun tidak bertentangan dengan Inpres No. 26/1998. Perlu diketahui dan dipahami Inpres tersebut mengatur penghentian penggunaan istilah pribumi dan non pribumi dalam hal, misal untuk perumusan penyelenggaraan kebijakan dan perencanaan program dan pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pemerintahaan.

“Artinya , tidak ada larangan memakai istilah atau kata pribumi dalam konteks sejarah. Saya khawatir pidato bung Anies ini direspon secara berlebihan memiliki muatan politis.Dalam hal ini kami (ACTA), meminta kepada bung Anies tetap semangat, berjuang membangun Jakarta. Tidak perlu terganggu konsentrasinya dengan laporan ke polisi terkait pidato tersebut,” tegas Sekjen ACTA ini.

Menurut Jamaal Yamani, ACTA akan siap berjuang membela mendampingi Gubernur Anies dan akan melaporkan balik, jika terjadi laporan palsu dan mengada-ada.

Editor Hendra Usmaya

 

 

Pos terkait