Polda Metro Jaya Gagalkan Penyelundupan Tekstil

Oleh Ulis JP

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID-Subdit I Indag Ditreskrimum Polda Metro Jaya kembali mengungkap tindak pidana di bidang perdagangan dan perlindungan konsumen barang selendupan berupa tekstil, balpress, dan sepatu. Dari pengungkapan ini, empat pelaku turut diamankan.

 

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengungkapkan modus para pelaku menyelundupkan barang ilegal itu dari Cina hingga sampai ke Indonesia.

Awalnya, para pelaku masuk dari negara Cina ke wilayah negara Malaysia melalui pelabuhan Pasir Gudang Johar. Kemudian barang dikirim ke pelabuhab Kuching Serawak.

Sesampai barang di sana, selanjutnya barang dibawa menggunakan truk ke perbatasan wilayah Indonesia untuk kemudian diselundupkan melalui jalan darat alias jalan tikus ke wilayah Jagoi Babang, Kalimantan Bara.

“Isi barang diangkut dengan menggunakan truk besar (fuso) dari Pontianak melalui pelabuhan Dwikora dengan kapal angkut Fajar Bahari. Kemudian barang masuk ke pelabuhan Tagar (Marunda Center) Bekasi,” kata Gatot si Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Dari keterangan para pelaku, kata Gatot, mereka mengaku mengirim barang ilegal itu 4 kali dalam satu bulan. Sekali pengiriman hasilinya hampir miliaran rupiah.

“Satu bulan bisa masuk 4 kali ke Indonesia. Sekali masuk 5 miliar. Hitung saja. Ya sekitar 20 miliar lah,” ungkap Gatot.

Dengan begitu, lanjut Gatot, dari bisnis barang- barang ilegal itu, negara mengalami kerugian dengan estimasi hampir 5 miliar.

Dari pengungkapan itu, palisi menyita ribuan barang bukti berupa 438 gulungan tekstil, 259 koli balpres pakaian baru, pakaian bekas, dan tas bekas serta 5.668 koli sepatu berbagai merek dengan total jumlah 120. 000 pasang sepatu.

Para tersengka dikenakan Pasal 62 ayat (1) dan (2) UU RI No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dengan denda 2 miliar.

46 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Warga: Jalan Parigi-Sukamanah Mulus, Mengundang Investasi di wilayah kami

Jum Sep 13 , 2019
Oleh,Faedullah SERANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Program pemerintah Provinsi Banten dalam hal ini Dinas PUPR sedang melaksanakan peningkatan infrastruktur jalan, khususnya Parigi Sukamanah mendapat apresiasi luar biasa dari warga setempat, pada hari Rabu 12/09/2019 lalu. Ustad Hofiyah selaku tokoh agama kampung Srewu Desa Cakung turut angkat bicara, “Jalan Parigi – Sukamanah mulus,investor […]