Polisi Promoter, Penting Amankan Pilkada Serentak dan Pilpres 2019

Oleh: Tim Trenggalek

TRENGGALEK, AMUNISINEWS.CO.ID – Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, SIK. MH. mengatakan bahwa salah satu kunci suksesi Profesionalisme Polri adalah sumber daya manusia yang mumpuni.
Artinya masing-masing personel yang mengawaki harus benar-benar paham dan mengerti tentang tugas pokoknya. Apa yang harus dilakukan dan bagaimana melaksanakannya.

“Untuk membangun sumberdaya manusia Polres Trenggalek tentu harus dibarengi dengan komitmen kuat mulai dari jajaran perwira hingga bintara sebagai pelaksana,” ucapnya, Rabu, (24/1) di Trenggalek.

Menurut AKBP Didit, pada dasarnya, keseluruhan tugas kepolisian yang diemban merupakan satu jalur komando yang berkesinambungan dan terkait antar satuan. Dimana semua hal tersebut diatas terangkum dalam satu jargon “Galek_Klik” yakni Komitmen, Loyalitas, Integritas dan Kompetensi.

Guna mewujudkan kompetensi tersebut, Bagsumda Polres Trenggalek dibawah pimpinan Kompol Siti Munawaroh, SH. telah menyiapkan berbagai macam pelatihan. Salasatu diantaranya adalah latihan Dalmas atau pengendalian massa yang wajib diikuti oleh seluruh personel secara bergantian.

“Latihan Dalmas dilaksanakan seminggu 3 kali, dari hari Rabu, Kamis dan Jumat,” jelas Kompol Siti.

Disinggung mengapa fokus pelatihan Dalmas, Kompol Siti menerangkan, sebenarnya masing-masing satuan telah diberikan waktu latihan fungsi kepolisian sesuai dengan bidang masing-masing di hari Sabtu setiap minggunya. Khusus Dalmas yang melibatkan semua personel, mengingat beberapa bulan lagi akan dilaksanakan pesta demokrasi Pilkada Jatim.

“Jadi pelatihan ini sekaligus sebagai sarana mempersiapkan diri pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkada Jatim 2018” imbuhnya.

Sementara itu, Kasatsabhara Polres Trenggalek AKP M.Zainal Arifin, S.Sos mengungkapkan, pihaknya selaku pembina fungsi Sabhara khususnya Dalmas telah mempersiapkan diri baik peralatan maupun tenaga instruktur yang berkompeten untuk memberi pelatihan kepada seluruh personel.

“Jadwal sudah kita bagikan. Untuk tenaga instruktur kita punya anggota mantam Brimob cukup banyak yang memiliki banyak pengalaman di bidang teknik dan taktik Dalmas,” ujar AKP Arifin.

Dengan pelatihan ini, diharapkan kesiapan pengamanan dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 Polres Trenggalek semakin matang dan mampu menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

 

editor: maliki hd

(Visited 17 times, 1 visits today)
News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *