Pra TMMD 101 Tahun 2018, Kodim 0816 Gotong-Royong Libatkan Masyarakat

  • Whatsapp

Oleh Tama/Nugraha

SIDOARJO,AMUNISINEWS.CO.ID – Bentuk Kemanunggalan TNI dengan rakyat khususnya Kodim 0816 Sidoarjo beserta jajaran terbukti dengan dibukanya Pra TMMD  ke 101 TA 2018 di desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin,Sidoarjo.

Hal ini ditandai dengan upacara pembukaan dilapangan desa Penatarsewu Rabu (7/30) oleh Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono.

Hadir dalam pembukaan TMMD Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf.Fadli Mulyono beserta undangan lainnya diantaramya  Kadis PUPR Ir.Sigit  Setyawan,kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab.Sidoarjo

Asrofi,kepala BPMPKB ,camat Tanggulangin Didik Widoyoko beserta staf dan kasi Trantib dan seluruh anggotanya,Danramil Tanggulangin dan anggota,serta beberapa kepala dinas baik secara langsung hadir maupunperwakilannya,nampak khidmad mengikuti upacara pembukaan TMMD.

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf.Fadli Mulyono kepada wartawan Rabu (7/3)mengatakan,kita pertama pada tahun ini disemester satu menerima program TNI Manunggal Membangun Desa ke 101 tahun 2018.

“Hal itu kita breakdown kebawah dan kita sudah sejak tahun lalu, dan Alhamdulillah mendapat respon positif dari pemkab Sidoarjo dan mendapatkan anggaranswakelola dari Anggaran SKPD-SKPD.Dan yang nanti kita sandingkan dengan kegiatan TMMD,rencananya tersebut sesuai program 30 hari,namun mengingat ada sasaran-sasaran fisik yang memerlukan lebih dari 30 hari untuk itu kita buka kegiatan pra TMMD untuk bisa diselesaikan projegnya itu yang sebenarnya,” katanya.

Masih kata  Fadli, ada enam sasaran fisik,dan beberapa sasasan pokok ada 4,sasaran tambahan ada 2,meliputi pengerjaan pengaspalan jalan,pengerjaan saluran air,jambanisasi dan perehapan sekolah.

“Ituyang nanti akan kita kerjakan pada saat TMMD.Dan  dari dinas banyak,hampir semua dinas bekerja sama dengan kita. Yang kitalibatkan dari dinas PUPR,dinas Pendidikan dan Kebudayaan,dinas pertanian dan BPMPKB.Itu semua kegiatan bisa dikerjakan oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Kata kuncinya gotong royong dan guyub.Kalau pekerjaan ini diserahkan kontraktor bisa,tapi nilai gotong-royongnya tidak ada dan masyarakat desa kalau dilibatkan,harapannya mereka akan merasa memiliki dan mereka akan lebih ikut memelihara infrastruktur yang dikerjakan dalam TMMD ini.untuk itu kita melibatkan seluruh elemen,supaya merasa memiliki sarana dan prasarana tersebut,” terang Fadli.

Sementara itu camat Tanggulangin Didik Widoyoko camat yang akrab disapa Yoko,saat dikonfirmasi wartawan Rabu (7/3) terkait TMMD di wilayahnya mengatakan,semoga pelaksanaan TMMD bisa berjalan lancar,dan memberi manfaat bagi warga desa Penatarsewu.

“Dan yang utama adanya Kemanunggalan ABRI (TNI)dengan rakyat lebih bisa mendekatkan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat khususnya jajararn Kodim 0816 Sidoarjo.Serta ucapan terima kasih kepada Komandan Kodim 0816 Sidoarjo khususnya,kepala dinas PUPR,BPMPKB,Danramil yang hadir dan kepada dinas yang lain,atas support dan dukungannya dengan kehadirannya di desa Penatarsewu kecamatanTanggulangin ini,” ujar Yoko.

Kepala Dinas  Dinas PUPR Ir.Sigit Setyawan menambahkan,untuk yang nilainya diatas 200 juta dengan proses pengadaan, biasa dilakukan oleh kontraktor bahwa pekerjaan itu orientasinya cepat selesai sesuai dengan waktunya.Tapi kalau dengan TMMD ini pengerjaan fisik ada upaya untuk melibatkan masyarkaat ada nilai plus kalau sudah jadi masyarakat akan ikut menjaga karena merasa ikut memiliki dan juga terlibat dalam pengerjaannya dalam TMMD tersebut,” terang Sigit.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *