Program Rutilahu Dibantu dengan ADD/DD

  • Whatsapp
Kades Tang, Suarno Pamentar

Oleh : Rahim T

Kades Tang, Suarno Pamentar

BUOL, AMUNISINEWS.CO.ID – Program unggulan pemerintah Desa Tang Kecamatan Bokat Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah, yang anggarannya melalui pos Alokasi Dana Desa (ADD)  dan Dana Desa (DD)  tahun 2018 kurang lebih Rp.1miliar akan dihabiskan untuk kegiatan nonfisik dan fisik.

Program salasatunya adalah bedah rumah Rutilahu (rumah tinggal layak huni) bagi warga yang benar-benar tidak memiliki tempat tinggal yang layak untuk dihuni sebanyak 20 kepala keluarga (KK) diberi kemudahan dari anggaran desa
“Tahun ini kita manfaatkan bantuan pemerintah sedemikian rupa agar masyarakat dapat merasakan hasilnya. “ungkap Kepala Desa (Kades) Tang, Suarno Pamentar, kepada awak media Sulteng, Senin (16/04) lalu.

Dia mengatakan, kegiatan fisik bedah rumah masuk dalam prioritas desa untuk tahapan pelaksanaan yang nantinya akan melibatkan aparat desa yang memiliki keahlian, seperti tukang dan dibantu secara swadaya oleh masyarakat.

Sehingga pemanfaatan dana sesuai juknis swakelola agar tepat sasaran. Tidak ada keluhan atau protes dari warga.
Dijelaskannya, dari sekian warga satu KK akan diberi fasilitas tempat tinggal sampai selesai dibangun rumahnya. Pemerintah sudah menyiapkan satu hotel untuk tempat menginap, dan semua biaya akan ditanggung dari dana tersebut.

Selain itu, pemilik rumah juga akan dikawal aparat desa, belanja di pasar untuk kebutuhan keperluan material rumah yang akan dibangun.
“Masyarakat saya semua merespon karena yang akan kita bantu benar-benar warga yang nilai pendapatanya minim setiap hari, “tandas Suarno.

Kegiatan bedah rumah juga dilakukan disemua desa yang ada di Kecamatan Bokat. Bukan hanya Desa Tang saja, tetapi dilaksakana pula di desa-desa yang lain, supaya merata.
” Pelaksanaan bedah rumah juga dilakukan di semua desa di Kecamatan Bokat, ” ucap Sekcam Bokat, Darmin Karim

 

 

editor: maliki hd

 

Pos terkait