Proyek Pengerjaan Embung di Kato’mara Dikerjakan ‘Kontraktor Bobrok’

  • Whatsapp

Oleh Hamzah Sila

JENEPONTO, AMUNISINEWS.COM- Kualitas dan ketahanan pembangunan embung seharusnya dapat bertahan lebih dari lima tahun. Tapi, di Jeneponto, embung yang baru rampung dibangun longsor kendati hujan tidak terlalu

Warga setempat Dg Nai bersikeras, agar longsornya embung segera diperbaikim, dibangun normal kembali, untuk mendapatkan asas manfaat oleh para petani setempat, dinikmatinya pada musim hujan ataupun saat kemarau.

Kepala Seksi PLA Dinas Pertanian Kab. Jeneponto Sulsel, Sukamaluddin Siga pada hari Senin 22 November 2017,   yang ditemui oleh Ketua Biro Investigasi dan Pemberantasan Korupsi LMPI Sulsel, Andika Ali Kanji bersama rekan dan media ini, di ruang kerjanya membenarkan, kalau hasil pengerjaan proyek embung dimaksud, betul hancur terbawa kelonsoran.

“Iya betul embung itu longsor dan sudah disurvei oleh tim PHO namun pengerjaan itu ditolak dan apalagi terjadinya kelonggaran, harus diperbaikinya kembali olehnya itu pencairan dana tetap ditahan dulu,” kata Sukamal.

Andika menegaskan, bahwa pengerjaan tersebut tidak mengikuti proses perencanaan yang dimana proyek tersebut mempunyai Rencana anggaran Belanja (RAB) maka pengerjakan proyek embung tersebut sudah diindiksikan tidak mengacu pada rencana teknis hanya dikerjakan asal jadi saja, sehingga menggambarkan demi mengejar ke untungan yang akibatnya tidak ada asas manfaatnya dan melenceng dari perencanaan sebelumnya.

“Kami menduga bahwa pelaksanaan proyek ini syarat kepentingan ataukah mengejar keuntungan karena mudah untuk dilaksanakan walaupun harus dampak merugikan masyarakat secara umum,” tegasnya.

 

Editor Hendra Usmaya

Pos terkait