Rakercab ke1 Apdesi, Harap dapat Menaikan Honor jajaran Pemdes

  • Whatsapp

Oleh  Yadi

Camat Jawilan H Agus Saepudin bersama para kades di kec Jawilan dan anggota Apdesi

SERANG, AMUNISINEWS.CO.ID — Pasca di lantiknya H.M.Santibi SH sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia  (APDESI) Kab Serang periode 2017-2022 pada Minggu 08/10 lalu, kini Apdesi menggelar rapat  kerja Cabang I APDESI kabupaten Serang tahun 2018, bertema “Melalui rapat kerja cabang 1 DPC APDESI Kab Serang kita bangun Solidaritas dan menata pola pikir Organisasi yang sinergi dan dinamis” bertempat di Hotel Le Dian Kota Serang.Senin, (24/09/2018)

Acara, di hadiri  dari unsur pemerintah pusat dan daerah, diantaranya Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Walikota Serang Tb Chaerul Jaman, Ketua APDESI H.M Santibi, SH, Pahmi Hakim anggota DPRD Serang, Kadis DPMD H.Abdullah, Camat Jawilan H Agus Saepudin, Kades Junti Suba’i, Kades Pasir Buyut H Hidayat, Kades Majasari Herman,  Kades Jawilan Misar dan seluruh Kepala Desa kabupaten Serang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Pandji menyampaikan, sebagai wadah berhimpunnya pemerintah desa, APDESI diharapkan menciptakan visi, misi yang memajukan desa di Kabupaten Serang termasuk mengawal program pemerintah pusat dan daerah hingga diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Serang, khususnya dalam memajukan pemerintah desa yang baik dan akuntabel.

Pembangunan di kabupaten Serang yang maju akan cepat terwujud apabila adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak termasuk kerjasama antara pemerintah daerah dengan Apdesi kabupaten Serang. “Dengan adanya beberapa kasus atas pengelolaan keuangan desa yang sedang ditangani oleh aparat penegak hukum, menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah dan Apdesi kedepan agar kepala desa selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa dapat bekerja dengan baik sesuai dengan aturan. Masyarakat saat ini sudah cerdas dan faham atas pengelolaan keuangan desa, masyarakat dapat mengawasi kinerja kepala desa dalam memimpin pemerintahan desa. jangan anti untuk dikritisi oleh masyarakat, karena hal tersebut menjadikan sebagai masukan dan bahan evaluasi kinerja Kepala Desa.

Oleh karena itu, pengurus Apdesi harus menjadi contoh yang baik bagi seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Serang agar melaksanakan program pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di desa dapat dilakukan dengan benar dan sesuai aturan. “Kami tidak mau mendengar lagi ada kasus-kasus yang terjadi pada pemerintah desa khususnya dalam pengelolaan keuangan desa.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berencana membangun 50 kantor desa yang tersebar di 29 kecamatan Satu desa akan di anggarkan 200 juta Hal itu dikarenakan sampai saat ini masih banyak pemerintahan desa yang belum memiliki kantor permanen untuk aktivitas pelayanan masyarakatnya.ujarnya.

Sementara Ketua Apdesi DPC Kabupaten Serang  H M Santibi SH, mengatakan, akan menjalankan amanah selama kepengurusannya agar tidak terjadi penyelewengan dana desa. “Jika kita lakukan secara transparan dan akuntabel maka tidak ada lagi kecurangan saat menggunakan dana desa karena semuanya sudah diatur dalam aturan yang jelas dibutuhkan kerjasama pemangku kebijakan di Desa dengan masyarakat agar penggunaan dana desa bisa dilakukan dengan baik sehingga transparansi akan sangat jelas secara langsung diberitahukan kepada masyarakat. “bila masyarakat membutuhkan informasi terkait dana desa bisa langsung tanyakan kepada yang bersangkutan agar bisa berjalan selaras sesuai visi dan misi kita,” imbuhnya.

Sejak saya terpilih menjadii ketua DPC APDESI kab Serang, dalam perjalanannya banyak sekali rintangan dan hambatan yang berliku, namun itu semua merupakan hal wajar dalam suatu organisasi karena bagian dari proses untuk menyatukan visi, misi organisasi untuk menyamakan persepsi organisasi yang sinergi dan dinamis.

Acara ini bisa berlangsung lancar karena Anugrah yang luar biasa dari Allah Swt, terwujudnya acara pada hari ini tentunya merupakan bentuk perhatian dan bantuan dari Ibu Bupati Serang dan Pemerintah Kabupaten Serang dan tidak kalah pentingnya bahwa terlaksananya acara hari ini adalah merupakan bukti kekompakan Apdesi Kab Serang serta kerja keras panitia pelaksana dan pengurus Apdesi Kab Serang.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara Rakercab ke 1 pada hari ini, semoga apa yang bapak ibu berikan baik harta tenaga dan pikiran mendapat balasan dari Allah swt

Dalam sambutan ini ada pesan yang ingin kami sampaikan untuk mewakili  kawan kawan Apdesi kepada ibu Bupati dan pemerintah kab Serang  agar honor kepala desa dan perangkat desa di naikan, pungkasnya sambil mengucap takbir beberapa kali. .

 

 

 

Pos terkait