Rancangan Perda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik di Natuna

  • Whatsapp

IMG-20170816-WA0070

NATUNA, AMUNISINEWS.COM: Upaya pengendalian lingkungan harus segera diupayakan guna mewujudkan kondisi lingkungan yang sehat. Hal yang harus dilakukan saat ini, selain melakukan sosialisasi bagi menumbuhkan kesadaran rasa peduli terhadap lingkungan sekitar sepatutnya hal ini dipertegas dalam sebuah regulasi yang ditetapkan melalui kebijakan resmi yang tertuang dalam Peraturan Daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti dalam Workshop Pendampingan Penyusunan Rancangan Perda tentang Pengelolaan Air Limbah Kabupaten Natuna yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Selasa (15/8) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Natuna mengharapkan adanya kajian secara menyeluruh terhadap pengelolaan limbah domestik di Kabupaten Natuna, baik limbah rumah tangga maupun limbah penginapan rumah makan. Hal ini menjadi sangat penting mengingat geliat sektor pariwisata sedang diupayakan dan akan sangat berpengaruh dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat melalui pengelolaan limbah yang lebih sistematis dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman, Fery Erawan menyampaikan bahwa dengan ditetapkannya Perda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, nantinya diharapkan dapat terkelola secara lebih baik dan harus ditaati oleh seluruh masyarakat maupun para pengelola penginapan dan rumah tangga khususnya.

Dia menambahkan untuk pengelolaan air limbah domestik termasuk limbah rumah tangga maupun limbah kegiatan usaha (rumah makan hotel/penginapan) akan dikelola dalam suatu Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) disuatu lokasi yang memenuhi persyaratan secara bakumutu lingkungan.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya perwakilan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah terkait, tim pendampingan penyusunan Ranperda yang berasal dari tenaga konsultan/tenaga ahli bidang standarisasi kelembagaan dan teknis dari Direktorat Jendral Cipta Karya kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Karang Taruna Desa Sepempang dan Komunitas Muda Natuna (Komuna). (jamilus)

Pos terkait