Rapat Mini Lokakarya Lintas Sektoral Puskesmas Jawilan Banten

  • Whatsapp

Oleh : Yadi

SERANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Acara rapat mini Lokakarya lintas Sektor Puskesmas Jawilan bertempat di Aula Kecamatan Jawilan Jalan Raya Cikande Rangkas Bitung Km 09 Majasari  Kab Serang Prov Banten. Selasa, (28/08/2018).

Hadir Plt Kepala UPT Puskesmas Jawilan  Hj Imas Migiarti, Skm beserta staf dan jajaran, juga Camat Jawilan H Agus Saepudin SE, M.Si beserta staf dan Jajaran, Kapolsek Jawilan di wakilkan pada Kanit Binmas Aiptu Rolling, Kepala Desa Jawilan Misar, Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD)  Mahmud, serta kader TP.PKK dan Posyandu.

Dalam sambutannya Hj Imas menjelaskan Puskesmas Jawilan terus berupaya mengoftimalkan dan meningkatkan mutu pelayanan untuk melakukan perbaikan dalam Indeks Pembangunan Manusia di bidang kesehatan. Serta dalam memberikan Pelayanan kesehatan yang maksimal kepada Masyarakat khususnya menurunkan angka kematian ibu dalam bersalin

Hal ini terjadi karena belum efektif dan efesiennya rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit. Masalah tersebut terjadi akibat kondisi akses jalan tempuh yang jauh di beberapa daerah, penuhnya ruang rumah sakit rujukan, kurangnya keputusan keluarga untuk segera membawa ibu pra melahirkan, dan adanya diskriminasi antara pasien umum dan pasien rujukan.

Untuk menekan angka kematian ibu dan anak maka akan dibentuk Kelompok Kerja (POKJA) yang terdiri dari lintas sektoral yang peduli pada penyelamatan ibu hamil, ibu bersalin dan ibu melahirkan yang rencananya akan diketuai oleh kepala dinas kesehatan.

Untuk mengatasi masalah rujukan agar efektif dan efesien, untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat maka kami membuat program pecanangan Inovasi puskesmas Jawilan yang sudah terdaftar yaitu Tiga Kader Murah Hati (TRI MURTI)  dan jemput Ibu Bersalin Bermasalah (JEMILAH)., Ujarnya.

 

editor: maliki hd

 

 

Pos terkait