RUBRIK KESEHATAN: Gatal,. dan ,.Garuk,.?

  • Whatsapp
dr Marrietta Sugiarti Sadeli

RUBRIK KESEHATAN
Oleh: dr Marretta Sugiarti Sadeli

Gatal? dan Garuk?

dr Marrietta Sugiarti Sadeli
dr Marrietta Sugiarti Sadeli

JAKARTA, AMUNISINEWS.COM- GATAL atau Pruritus dalam bahasa medis merupakan kondisi yang sangat umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal.

Gatal adalah sensasi kulit yang memicu refleks untuk menggaruk area tertentu pada tubuh.

Gatal pada kulit ini dapat dirasakan pada area tertentu saja atau pada seluruh tubuh. Kemerahan pada kulit atau ruam merupakan gejala yang paling sering mengiringi rasa gatal ini.
Penyebab gatal bisa bermacam-macam, mulai dari kondisi yang ringan hingga kondisi yang berat, dari kulit kering hingga yang disebabkan oleh beberapa penyakit yang lebih serius.

Gatal memang membuat tidak nyaman, karena merupakan sensasi yang membuat kita mau tidak mau, secara sadar atau tidak sadar untuk menggaruknya.
Mungkin gatal sering dianggap sepele, akan tetapi dibalik kulit yang gatal terdapat ratusan kemungkinan penyebab, mulai dari masalah sederhana sampai masalah kesehatan yang cukup serius.

Penyebab gatal yang sederhana contohnya ketika kulit kita digigit serangga maka akan terasa gatal, tetapi gatal yang ditimbulkannya mungkin hanya bersifat sementara dan tidak parah.
Penyebab gatal karena penyakit serius misalnya karena gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, kencing manis, dan masih banyak contoh lainnya memerlukan penanganan yang lebih serius pula.

Berikut beberapa contoh penyebab gatal yang sering terjadi :

Kulit Kering
Penyakit kulit itu sendiri (Eksim, Kudis, Panu, Iritasi /Alergi, dll)
Penyakit Dalam (Gangguan fungsi hati dan empedu, Ganggu-an fungsi ginjal, Kencing manis, penyakit Tiroid, Gangguan darah, Kanker, dll)

Gangguan Saraf, Reaksi Obat,  Kehamilan
Reaksi awal yang wajar terhadap gatal adalah menggaruknya. Namun tanpa sadar menggaruk dapat meninggalkan bekas luka pada kulit. Hal tersebut dapat menyebabkan masuknya kuman yang menimbulkan infeksi.

Cara terbaik mengatasi gatal adalah mencegah jangan sampai menggaruk, yaitu dengan obat-obatan yang dioleskan langsung ke kulit atau yang diminum seperti anti-histamin yang cukup efektif untuk mengatasi rasa gatal, tetapi pada umumnya obat untuk gatal ini dapat menyebabkan rasa kantuk, sehingga jangan dikonsumsi apabila mau berkendara dan atau mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Bila gatal tidak kunjung hilang, mungkin terdapat penyebab yang lebih serius, untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya dan dibutuhkan pengobatan yang lebih serius. Segera periksakan diri ke dokter ahli penyakit kulit.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait