Saluran Sungai Macan Dusun Mekarjaya Dangkal Mengakibatkan Pesawahan Sekitarnya Kekeringan

  • Whatsapp

oleh Asep Sukmana

KARAWANG, AMUNISINEWS.CO.ID-Saluran pembuangan sungai Macan yang terletak di Dusun Mekarjaya Desa Tanjungpakis Kecamatan Pakisjaya yang panjangnya sekitar 2500 meter sudah sangat dangkal sehingga airnya kering, mengakibat areal pesawahan disekitarnya kekeringan.

Lahan pesawahan yang berlokasi di Dusun Mekarjaya sekitar 50 hektar saat ini kekeringan, petani yang sudah tandurpun kekeringan, ini dikarenakan saluran pembua Sungai Macan airnya sedikit jadi tidak cukup untuk mengairi sawah.

Sumantri (45tahun) warga Dusun Mekarjaya mengatakan (09/08/20), mengatakan petani disini belum bisa menggarap lahan sawah untuk menanam padi, karena airnya tidak ada di saluran pembuangan Sungai Macan.

“Kami sudah memberikan proposal ke Dinas PUPR Karawang untuk melakukan pengerukan di Saluran Sungai Macan yang berada di Dusun Mekarjaya, namun sampai saat ini belum terealisasi, saluran tersebut sangat dangkal sudah seharusnya diadakan pengerukan,” katanya.

Abah Minin (65 th) membenarkan bahwa saluran air pembuangan Sungai Macan sudah sangat dangkal sehingga pihak Dinas PUPR harus segera melaksanakan pengerukan agar petani dapat melakukan aktipitas disawah sesuai dengan program pemerintah dalam kegiatan percepatan tanam.

Mahruf anggota BPD Dusun Mekarjaya mengharapkan pengerukan saluran air Sungai Macan Harus secepatnya karena sudah 8 tahun belum dikeruk lagi sehingga saluran sungai Macan sangat dangkal, agar petani dapat menanam sesuai anjuran pemerintah.

 

Pos terkait