Sampah Drainase Meluap dan Berserakan Hingga Badan Jalan di Kota Tual

  • Whatsapp

 

Oleh Jecko Poetnaroeboen
TUAL, AMUNISINEWS.CO.ID – Banjir sampah dan sampah ruma tangga maupun material
potongan kayu dan lumpur berserakan hingga badan jalan disepanjang ruas jalan Pertamina bahkan sampai kepasar Masrum Tual.

Penyebab dari kejadian tersebut, diakibatkan oleh hujan deras dan luapan banjir yang begitu kencang sehingga menyebabkan sampai sampah Drainase meluap dan berserakan di jalan raya.

Hal ini dikatakan oleh, Bonifasius Tanlain kepada media Amunisinews, Kamis (02/20). ditemuinya pada saat dirinya bersama teman – temannya yang lagi membersihkan lokasi terjadinya banjir yang melanda Pertamina dan Pasar Masrum Tual.

Selain itu, menurut Bonifasius Tanlain, sebelumnya, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge dan Ketua DPRD Kota Tual Hasan Syarifudin Borut dan Kepala OPD terkait, Usai mendapat laporan dari Warga lewat Media sosial Facebook langsung bergerak untuk meninjau lokasi tersebut.

Lebih lanjut, Wawali setibahnya di lokasi kejadian beliau langsung menginstruksikan kepada dinas – dinas terkait untuk menangani penyebab tersumbatnya aliran air.

Usman Tamnge, juga memerintahkan kepada pengawas pelaksana proyek untuk segera membersihkan sisa-sisa material pekerjaan yang tertimbun dalam selokan.

Seusai menerima instruksi dari Wakil Wali Kota Tual, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup bersama pengawas dari Dinas Pekerjaan Umum setempat langsung terjun membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang lokasi dan sampah tersebut langsung di buang pada lokasi TPA.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tual Bonifasius Tanlain menduga, luapan banjir kiriman yang terjadi diakibatkan oleh adanya kelalaian dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Bonifasius Tanlain menegaskan, bahwa dalam permasalahan yang terjadi saat ini tidak pantas untuk kita harus saling menyalahkan pihak manapun. Tetapi yang terpenting adalah kesadaran dari semua pihak untuk lebih meningkatkan efektifitas dan kinerja serta bertindak cepat dalam menanggapi semua permasalahan, khususnya terkait sampah, banjir, dan bencana.

“Oleh sebab itu, sebagai penyelenggara bidang kebersihan, Tanlain juga berharap agar kedepannya semua pihak dapat bergandengan tangan dalam menangani persoalan yang sedang terjadi seperti sekarang ini. dan terlebih penting lagi adahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah rumah tangga, sekecil apapun belajarlah tuch terbiasa membuang sampah pada tempatnya.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *