Sebanyak 3.314 Pelaku Disikat Oprasi Cipta Kondisi

  • Whatsapp
Oleh Ulis JP
JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID- Menjelang Natal dan nenyambut Tahun Baru 1 Januari 2020, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Cipta  Kondisi dengan nama Ooerasi Sikat Jaya 2019. Operasi ini di gelar di seluruh wilayah hukum kekuasaannya. Sebanyak 3314 pelaku berhasil dijaring aparat kepolisian dalam kegiatan yang berlangsung selama 14 hari tersebut.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol, Gatot Eddi Pramono mengatakan, kegiatan ini dilakukan terkait dengan pengamanan  Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Operasi cipta kondisi ini disebut dengan Operasi Sikat Jaya 2019.

“Yang kita amankan adalah jambret, pelaku pemalakan perampasan surat, lalu curas kelompok-kelompok, geng motor dan lain sebagainya,” kata Eddi saat menggelar jumpa perss di Gedung Utama Mainhall Polda Metro Jaya, Senin, (25/11).

Selain mengamankan tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti hasil dari aktivitas kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku tersebut.  Antara lain yaitu, ratusan unit kendaraan roda dua, belasan unit kendaraan roda empat, Senpi, Sajam yang berjumlahkan puluhan unit, serta uang tunia puluhan juta rupiah.

” Kendaraan roda dua 144 unit, roda empat 12 unit, handphone 203 unit, laptop 20 unit, Miras sebanyak 898 botol, uang tunai sebanyak Rp83 juta, lalu ada senjata api sebanyak 8 buah, kemudian senjata tajam sebanyak 60 buah,”terangnya.

Dari jumlah sebanyak 3314 pelaku ini lanjut Gatot, hanya 547 pelaku, yang dibawa ke Polda Metro Jaya. Sementaa disanya di lakukan pembinaan oleh petugas kepolisian juga membina sebanyak 2745 pelaku.

“Dari 3314 pelaku, hanya 547 yang di bawah ke Polda Metro, sisanya mendapat pembinaan petugas kepolisian,” bebernya.

Gatot menjelaskan, dari 1761 kasus yang ditangani pihaknya dalam operasi Sikat Jaya 2019 itu, lebih dominan kasus Curat dan Curas yang terjadi di wiayah Jakarta Selatan.

“Kasus di Jakarta Selatan yang paling banyak, ada 396 kasus, diantaranya terkait dengan kasus curat dan curas termasuk juga premanisme,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *