Sektor Perdagangan Natuna Mengalami Penurunan

  • Whatsapp

Oleh Jamilus

IMG-20171012-WA0064
Bupati Natuna H. Hamid Rizal dan Sekda Wan Siswandi jalang upacara HUT ke – 18 Natuna.

NATUNA, AMUNISINEWS.COM – Kabupaten Natuna kini semakin dewasa, seiring bertambahnya usia daerah perbatasan ini. Tepat pada Kamis (12/10), Pemerintah Daerah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Natuna ke-18.

Meski terkesan lamban, beranda NKRI di ujung utara ini, terus melakukan upaya percepatan pembangunan. Baik pembangunan infrastruktur, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), hingga peningkatan ekonomi.

Sejalan dengan usianya yang semakin matang, pertumbuhan ekonomi juga ikut menanjak. Laju pertumbuhan ekonomi Natuna mengalami peningkatan setiap tahun.

Bupati Natuna Hamid Rizal mengklaim, laju pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 sebesar 6.09 persen. Mengalami peningkatan dari tahun 2015 hanya sebesar 5.82 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Natuna pada tahun lalu sebesar 6,09 persen. Artinya meningkat dari tahun 2015 hanya 5,82 persen,” ujar Hamid, saat apel upacara HUT Natuna di halaman kantor Bupati.

Dilihat dari sisi produksi, sharing pertumbuhan ekonomi di bumi laut sakti rantau bertuah, didominasi oleh tiga sektor. Diantaranya sektor perdagangan besar dan eceran (10,08 %), Informasi dan Komunikasi (9,03 %), serta Transportasi dan Pergudangan (8,77 %).

Dari ketiga sektor tersebut, sektor Informasi Komunikasi dan Transportasi Pergudangan mengalami peningkatan. Sementara itu sektor Perdagangan besar dan eceran justru mengalami penurunan.

“Hanya sektor perdagangan besar dan eceran mengalami penurunan, sedangkan sektor lainnya mengalami peningkatan,” tutup Hamid.

Editor Hendra Usmaya

Pos terkait