Sidang di Tempat Gagal, Hakim PA-JU Dinilai Tak Profesional

  • Whatsapp

Oleh Rukmana

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID- Berdasarkan putusan sela dalam sidang perkara No.2560/Pdt.G/2019/PA.JU. Tanggal 23/06/2020 Pengadilan Agama Jakarta Utara melakukan pemeriksaan setempat (PS) (Decente) sidang  di tempat.

Sidang di tempat yang digelar Jumat ( 10/07/2020) gagal dilaksanakan,hal ini dikarenakan pihak PA.JU, tidak memberitahu pihak PT.Steel Center Indonesia (SCI) di Jl.Agung Karya VI, Blok .No.1,Kel.Papanggo,Tanjung Priok Jakarta Utara terkait  sidang lokasi hari itu  (Jumat 10/07/2020).

Saat dikonfirmasi awak media terkait pemberitahuan terhadap pihak SCI Ketua Majelis Hakim mengatakan pihaknya sudah  sudah memberitahukan Kelurahan Papanggo. “Memang kami tidak memberitahukan pihak PT.Steel Center Indonesia (SCI) terkait sidang lokasi hari ini,” katanya.

“Kami akan menjadwal ulang sidang lokasi terkait  harta gono-gini H.Muhamad Jupri dengan Hj.Maria,” tegasnya.

Kuasa hukum Hj.Maria Zainal Abidin,S.H., mengatakan, bahwa Majelis Hakim PA.JU.tidak profesional dalam menangani perkara no.2560/Pdt.G/2019/PA.JU. terutama dalam hal pelaksanaan  sidang di tempat.

“Idealnya PA.JU.melayangkan surat pemberitahuan akan adanya sidang ditempat kepada PT.SCI,” tandasnya.

Zainal menambahkan,akibat tidak ada pemberitahuan dari PA.JU kepada SCI pemeriksaan setempat gagal dilakukan,ini sangat merugikan kliennya.

Akibat PA.JU.yang tidak profesional menjalankan tugasnya,sidang lokasi hampir terjadi keributan antara Security SCI VS Hj.Maria dan Muhamad Jupri.

Kasie pemerintahan Kelurahan Papanggo yang hadir dalam sidang lokasi mengaku hanya diberi pemberitahuan dan tidak diminta untuk ikut serta dalam gelar sidang di tempat (Decente).

 

Pos terkait