Sosialisasi Pengadaan Tanah Pembagunan Daerah Irigasi

  • Whatsapp

Oleh Haryanti

irigasi (foto: ilustrasi/ist)

TOLITOLI, AMUNISI-Pemerintah kabupaten Tolitoli mengadakan sosialiasi Pengadaan Tanah Pembangunan Daerah Irigasi Salugan kecamatan Lampasio tahun 2017..

Tim persiapan  telah dibentuk oleh bupati Tolitoli dan ketua tim adalah Sekretaris Daerah Drs Mukaddis Syamsuddin. M. Si, pada tangal 25 September 2017.Tim ini  langsung bekerja menyelengarakan sosialisasi pengadaan  tanah dipimpin langsung oleh Asiten Pemerintahan selaku wakil ketua 1 DR. Adjimain Latereray. M. si dan kepala OPD.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh warga dari  5 ( lima) desa yaitu  Desa Oyom,  Desa Sibea, Desa Janja  Desasaligan, dan Desa Lampasio yang berada di kecamatan Lampasio. Desa-desa ini terkena terkena dampak rencana pembangunan daerah Irigasi Salugan.

Sosialisasi hari pertama di kantor  kepa desa Oyom  dihadiri  warga Desa Oyom dan hari kedua di kantor kecamatan Lampasio dihadiri warga dari empat  desa yahitu Desa Sibea Desa Salugan. Desa Janja Dan Desa Lampasio.

Sosialisasi  ini merupakan ahapan awal terhadap pengadaan  tanah untuk kepentingan umum sebagamana  yang  diamanatkan  dalam perpers 71 Tahun 2012 Tentang  Penyelengaraan  Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk  Kepentingan  Umum.

Sosialisasi adalah untuk menyampaikan jaringan irigasi termasuk pergantian ganti rugi, yang akan dinilai oleh tim Appraisal. Tim itulah yang akan menaksir  dan menentukannya sekaligus  menghitung secara keseluruhan besaran biaya lahan yang akan dibebaskan.

Masyarakat Lampasio sangat mengharapkan pembangunan daerah irigasi Salugan  terlaksana dan pada dasarnya warga atau masyarakat Lampasio bersedia dan merespon  secara positip terhadap pembangunan  irigasi tersebut.

 

Pos terkait