Sukses Gelar Vaksinasi Bersama Pemkot Surabaya, Pangkoarmada II: Saya Sangat Bangga dengan Pak WaliKota

  • Whatsapp

Oleh, Irman

SURABAYA-AMUNISINEWS.CO.ID- Komando Armada (Koarmada) II bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sukses menggelar vaksinasi massal di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor Surabaya selama dua hari, Kamis (29/7/2021) hingga hari ini, Jumat (30/7/2021). Vaksinasi massal itu berjalan lancar dan aman karena warga juga sangat antusias mengikuti vaksinasi itu.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han), memastikan dia bersama para staf Koarmada II sangat mendukung kegiatan vaksinasi yang digelar di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor itu, karena vaksinasi itu merupakan hasil kolaborasi antara Koarmada II dengan Pemkot Surabaya. “Keberhasilan vaksinasi massal ini merupakan satu kesatuan, kebersamaan yang telah dilaksanakan mulai dari koordinasi hingga pelaksanaan antara jajaran Koarmada II dengan Pemkot Surabaya. Dan yang paling utama adalah kesadaran dari arek-arek Suroboyo dan seluruh lingkungan sekitar yang memang mempunyai keinginan untuk bisa menjaga dirinya dari Covid-19 ini,” kata Pangkoarmada II Laksda Iwan saat meninjau vaksinasi massal hari kedua di Lapangan Thor, Jumat (30/7/2021).

Ia juga memastikan bahwa Koarmada II tidak hanya melakukan vaksinasi di Surabaya dan pesisir, namun juga melakukan vaksinasi di pulau-pulau yang ditempuh dengan kapal-kapal Angkatan Laut. Bahkan, ia juga menegaskan bahwa selain menggelar vaksinasi massal di Surabaya, pada hari ini juga menggelar vaksinasi di Pulau Bawean dengan target 3-4 hari ini sebanyak 1.500 sasaran.

Laksda Iwan juga bersyukur karena hingga Jumat siang, vaksinasi di Lapangan Thor itu totalnya sudah mencapai 23 ribu sasaran. Jumlah itu merupakan total vaksinasi dari hari kemarin hingga Jumat siang, dan pada saat itu vaksinasi terus berlanjut hingga menjelang petang. “Insyallah target yang kita canangkan kemarin sebanyak 25 ribu untuk warga yang divaksin, akan kita capai bersama-sama. Ini adalah kesuksesan yang diraih bersama-sama antara Koarmada II TNI AL dengan Pemkot Surabaya,” tegasnya.

Oleh karena itu, Laksda Iwan juga mengaku sangat bangga dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, karena lapangan kebanggaan arek-arek Suroboyo, yaitu Lapangan Thor bisa menjadi tempat untuk bahu-membahu dalam melawan Covid-19, sehingga vaksinasi massal kali ini bisa berhasil dan sukses. “Saya Pangkoarmada II sangat bangga dengan Bapak Wali Kota, karena beliau juga mengijinkan lapangan Thor ini untuk digunakan, lapangan yang merupakan kebanggaan arek-arek Suroboyo,” kata dia.

Ia juga berharap semoga ke depannya TNI Angkatan Laut di bawah pimpinan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) sekarang dan juga Wali Kota Surabaya tidak akan pernah berhenti untuk bekerjasama. Sebab, bagi dia kerjasama itu tidak boleh hanya dengan satu institusi, tapi harus keseluruhan menjalin sinergi dan integrasi kebersamaan untuk semuanya. “Insyallah kalau kita bersatu untuk melawan Covid-19 ini, maka kita insyallah bisa memenangkannya,” tegasnya.

Meski begitu, ia juga mengingatkan kepada siapapun yang sudah melakukan vaksinasi, harus tetap menjaga dan mengedepankan 5 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. “Insyallah dengan 5M, terutama 3M yang pertama tadi, apalagi ditambah juga dengan vaksinasi yang kita laksanakan ini, insyallah kita bisa terbebas dari Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, WaliKota Eri menyampaikan terimakasih banyak kepada Pangkoarmada II yang telah memberikan vaksin sebanyak 25 ribu kepada warga Surabaya, sehingga Surabaya bisa melanjutkan vaksinasi karena memang sebelumnya sempat terhenti karena kehabisan stok vaksin. “Jadi, ketika bertemu dengan beliau (Pangkoarmada II), beliau bertanya, Pak Wali kita ini ingin memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Begitu gerak cepatnya Pak Panglima, begitu humanisnya beliau menyampaikan kepada saya, hingga akhirnya, sudah ini ada vaksin untuk warga Surabaya, Pak Wali bisa menyelesaikan dalam waktu beberapa hari,” kata Wali Kota Eri menceritakan awal mula diberikan vaksin itu.

WaliKota Eri pun mengajukan tempat yang bisa dijadikan tempat vaksinasi, yaitu Lapangan Thor dan Gelora Pancasila yang dekat dengan mess Angkatan Laut. Akhirnya, digelarlah vaksinasi massal di Lapangan Thor itu. “Alhamdulillah hari ini saya pastikan bahwa 25 ribu vaksin sudah pasti habis,” kata dia.

Meski begitu, WaliKota Eri mengaku meminta lagi kepada Pangkoarmada II itu untuk tidak melupakan Surabaya apabila ingin melakukan vaksinasi massal lagi. Ia pun memastikan siap mensupport apabila ada vaksinasi massal lagi. “Alhamdulillah, saya mewakili seluruh warga Kota Surabaya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Panglima, sehingga warga Surabaya bisa melakukan vaksinasi kembali, karena memang target kita 70 persen warga bisa tervaksin untuk mencapai herd immunity,” ujarnya.

WaliKota Eri juga mengaku dengan serbuan vaksin yang dilakukan oleh Koarmada II di bawah kepemimpinan Pangkoarmada II Laksda Iwan Isnurwanto, maka dia semakin yakin bahwa Surabaya bisa segera memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan kepemimpinan dan supportnya untuk Surabaya, maka akan menambah imun bagi warga Surabaya dan akan semakin menambah semangat jajaran Pemkot Suarbaya. “Ke depan, kami berharap sebagai pemerintah daerah, kami siap support apapun yang akan dilakukan untuk vaksinasi lagi atau untuk melawan Covid-19 lagi. Sekali lagi, terimakasih banyak Pak Panglima,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *