Sukses TMMD 101 Resmi Ditutup, Keberhasilan TNI Bersama Rakyat

  • Whatsapp

Oleh : Merry Tama

Penutupan TMMD ke 101 ditandai penandatanganan MoU
oleh Dansatgas TMMD

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Perhelatan TNI, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) berakhir  dengan dilaksanakannya upacara penutupan TMMD ke 101tahun 2018 di desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin.

Upacara penutupan dihadiri Forkopimda kab.Sidoarjo Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin,Danrem 084/BJ Kolonel Kav.M.Zulkifli SIP, MM dan semua kepala dinas, SKPD, Dansat TNI/Polri sekab.Sidoarjo, Danramil jajaran Kodim 0816, Forkopimka serta Wakapolresta Sidoarjo. Turut hadir Dandim 0816 Sidoarjo Letkol (Inf) Fadli Mulyono selaku Dansatgas TMMD 101, dan pengurus Persit KCK XLIII Dim 0816 Sidoarjo.

Upacara penutupan, sebagai Inspektur upacara Laksma Pertama I.N.G Sudihartawan S.PI. M.M yang menjabat Kasar Matim Koarmatim. Dalam sambutannya Kasarmatim menyampaikan, pertama-tama mensyukuri pencapaian. Semangat pengabdian yang tulus, selaras.
Dengan TMMD ini, membangun karakter bangsa dengan kemandirian, Dengan membangun generasi muda yang sangat berharga dan kemandirian bangsa, kita ikut membangun SDM  demi mewujudkan bangsa yang mandiri, ujar Jenderal Bintang Satu tersebut.

Dalam pemerintahan yang terintegritas dengan memberikan hasil yang signifikan kepada masyarakat dengan dukungan Pemda, juga waktu, sasaran dan lokasi. Dengan sasaran fisik dan non fisik didalam pelaksanaan TMMD ini. Yang mana dilaksanakan pembangunan saluran irigasi, sanitasi, sekolahan, sarana ibadah, jalan, dan lainnya.

‘’Dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosialisasi, wawasan kebangsaan, pencegahan penyebaran narkoba, disini TMMD dapat memberikan manfaat dalam menuju kemerdekaan berdaulat sesuai UUD 1945 “ tutur Laksma Pertama I.N.G Sudihartawan.’’

Dihadapan puluhan wartawan Jenderal Bintang Satu tersebut menuturkan, disini ada enam sasaran pokok yang dikerjakan oleh satgas. Pertama jalan, sanitasi ada SD (fasilitas sekolah) jamban,saluran pembersihan saluran pemukiman, semua ini  demi mendukung kelancaran dan kesejahteraan masyarakat disini. Kita lihat sesuai target yang sudah ditetapkan. Sehingga pada intinya situasi damai seperti ini, tentara harus menyatu kembali pada masyarakat dan menyejahterahkan khususnya dengan  TMMD  yang dilaksanakan ke101 di desa Penatarsewu ini, tutur Jenderal kelahiran Bali.

Sementara Dansatgas TMMD yakni Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Fadli Mulyono kepada wartawan Kamis (3/5) mengatakan ,pertama-tama saya mengucapkan Alhamdulillah, terima kasih  kepada Allah SWT, masyarakat desa Penatarsewu, pemerintah kecamatan Tanggulangin dan kab.Sidoarjo yang telah mendukung secara penuh pelaksanaan TMMD ke 101 yang tahun ini bertempat didesa Penatarsewu selama satu bulan penuh, ujar Fadli.

TNI bersama masyarakat, kepolisian, organisasi kepemudaan bergotong- royong bersama membangun. Baik fisik maupun non fisik diwilayah Penatarsewu ini. Secara fisik kita membangun enam Sasaran utama meliputi jalan penghubung jalan desa Penatarsewu ke Banjarasri sepanjang 500 meter. Kemudian normalisasi saluran

pembuangan, rehab saluran dipemukiman dan instalasi air ,jambanisasi di 27 titik.
Kemudian kita menambah 3 rumah sasaran yang tidak layak huni (RTLH). Selain sasaran fisik kita juga sasar non fisik yakni, sosialisasi tentang perda, penyuluhan wasbang, radikalisme dan terorisme serta sosialisasi dibidang kependudukan, ini tidak lain demi memberikan kemudahan dalam mendapatkan  pelayanan dari pemerintah kab.Sidoarjo, ujarnya.

Fadli menambahkan, anggaran sesuai dengan rencana awal ada 2,7 Milyar yang dianggarakan, meliputi 2,3 sasaran fisik dan Rp.390 sekian juta untuk sasaran non fisik. Semua itu dari semua dinas yang ada di kab.Sidoarjo. Alhamdulillah semua sudah terselesaikan dan mudah-mudahan nanti tinggal pengawasan dari dinas terkait.

Harapan kami kedepan bahwa apa yang sudah dicapai selama satu bulan di Penatarsewu bisa dijaga dengan baik dan dimanfatakan dengan baik oleh masyarakat Penatarsewu disini, pinta Dandim

Sementara kades Penatarsewu Cholik dikonfirmasi wartawan menyampaikan, warga saya sangat senang sekali dan saya mengucapkan.rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dandim 0816 Sidoarjo dan pemkab Sidoarjo atas terlaksananya TMMD ke 101 di desa Penatarsewu. Kesemua itu semoga bisa dimanfatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, paparnya.

 

 

editor: maliki hd

 

Pos terkait