Tanamkan Sejak Dini kepada anak Tentang Nilai-nilai Kebangsaan

  • Whatsapp

Oleh Budi Setiawan

KALBAR,AMUNISINEWS.CO.ID- H.Sukiryanto,S.Ag Anggota MPR RI/DPD RI mengelar acara Sosialisasi empat Pilar yang dilaksanakan pada  Senin,(03/02/2020) di Pondok Pesanteren Khairul Munaajah,Jalan Raya Sui Nipah KM21,Kec,Jongkat,Kab.Mempawah

Kegiatan sosialisasi, ini tentunya sangat penting buat elemen masyarakat, dan kegiatan ini harus betul-betul dapat diimplementasikan.dalam kehiduapan sehari-hari karena nilai-nilai Empat Pilar ini banyak makna yang tertuang di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan Sosialisasi empat pilar MPR ini merupakan tugas dan kewajiban dari Anggota MPR RI, sesuai dengan:

  1. UU No. 17 Tahun 2014 jo UU No.42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD pasal 5 huruf a dan b, Pasal 11 huruf c;
  2. Peraturan MPR RI No. 1 Tahun 2014 Tentang Tata Tertib MPR RI Pasal 6 huruf a dan b, Pasal 13 huruf c;
  3. INPRES No.6 Tahun 2005 tentang Dukungan kelancaran pelaksanaan Sosialisasi UUD NRI Tahun 1945 yang dilakukan oleh MPR.

Apabila sebelumnya empat pilar ini dilaksanakan bersama persatuan guru, kali ini dilakukan bersama forum komunikasi pondok pesantren. Sejalan dengan tujuan sosialisasi ini, H. Sukiryanto, S.Ag memprioritaskan pada dunia pendidikan baik formal maupun informal.

“Untuk tahap pertama, penanaman penghayatan pada Empat Pilar difokuskan kepada tenaga pengajar dengan harapan agar penguatan untuk empat pilar ini, yaitu: Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara dapat dihayati dan diamalkan dengan baik apabila tenaga penganjarnya sudah paham betul apa itu empat pilar kebangsaan. Sehingga dalam proses pengajaran nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat diterapkan pada proses mengajar maupun kegiatan sehari-harinya. Tenaga pengajar ini merupakan tunnel yang paling efektif dalam penyebaran penguatan nilai-nilai empar pilar,” ucap Senator Kalbar.di hadapan para peserta sosialisai empat pilar.

Kepada,Media,amunisinews.co.id Senin,(3/02/2020),lebih lanjut ditegaskan,kegiatan ini juga dihadiri para siswa dan santri dalam bentuk partisipasi langsung agar sejak dini mereka ditanamkan secara tegas tenang nilai-nilai kebangsaan, di era Revolusi Industri 4.0 ini dimana teknologi informasi sangat berkembang pesat sampai-sampai setiap kegiatan sehari-hari kita selalu berdampingan dengan teknologi informasi. Sehingga informasi yang didapatkan tidak tersaring dengan baik yang kemudian pemikiran-pemikiran radikal dan berita bohong berkembang dengan liar, untuk itu penanaman dan pengamalan nilai-nilai kebangsaan wajib untuk membendung hal tersebut.

Asroji Al-azhar (guru) memberikan aspirasi bahwa sekarang guru banyak diberikan tugas-tugas administrasi yang membebankan tugas guru selain dari mengajar, sehingga guru banyak yang kurang fokus dalam mengajar. Diharapkan kedepan sejalan dengan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada peringatan Hari Guru agar guru kembali ke tugas utamanya yaitu fokus mengajar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Jongkat, Kapolsek Jongkat, Kantor Urusan Agama, perwakilan sekolah dan guru serta murid dan santri.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *