Tangkal dan Antisipasi Share Berita Hoax, Satlantas Silaturrahmi Dengan Puluhan Netizen

Oleh Taman

SIDOARJO,AMUNISINEWS,CO.ID – Banyak cara untuk menanggulangi dan memberikan informasi, tentang laka lantas maupun kriminal. Polresta Sidoarjo dalam rangka menjelang Operasi Keselamatan  Semeru 2018, melalui Satlantas menggelar pertemuan dengan puluhan netizen yang tergabung dalam grup Info Lantas Sidoarjo (ILS), Sabtu (3/3).

Dalam acara silaturahmi itu, puluhan netizen diajak untuk menggunakan internet dengan positif. Terutama tentang informasi-informasi kejadian maupun keadaan kondisi lalulintas yang ada di wilayah sidoarjo.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Dhyno Hendra Setadi dihadapan wartawan menyampaikan, bahwa informasi yang diunggah ke internet atau akun medsos dan jejaring sosial apapun, harus lebih dicermati dengan baik.‎

“Kita sebagai pengguna internet jangan sekadar membagikan, terutama informasi yang tidak jelas sumbernya atau yang dinamakan berita hoax,” imbau Kasatlantas.

Kasatlantas menambahkan, bahwa komunitas yang sudah terjalin harmonis dengan memberikan informasi tentang lalulintas di Sidoarjo ini, diharap bisa memberikan informasi kepada anggota jajaran Satlantas Polresta Sidoarjo. Yang bertujuan menciptakan keselamatan ketertiban untuk kelancaran lalulintas.‎

“Diharap netizen selalu berkoordinasi dengan jajaran Satlantas Polresta Sidoarjo, dan bisa membantu kinerja anggota dengan baik tentang kondisi dan situasi lalulintas wilayah Sidoarjo,” terang Kompol Dhyno.‎

Netizen juga diberitahu tentang aplikasi pelayanan publik berbasis Internet yaitu DS3 (Delta Sidoarjo Siap Siaga), aplikasi berbasis ITE sebagai wadah menerima laporan masyarakat kepada kepolisian tentang kejadian yang terjadi di jalan raya dan kejadian kriminal lainnya.

Kompol Dhyno menambahkan, Para netizen khususnya anggota ILS diharapkan bisa bekerja sama dengan baik dengan cara memberikan informasi.‎

“Apabila informasi atau kiriman pada akun jejaring sosial media itu belum jelas narasumber dan belum jelas kebenarannya, jangan dishare atau dikirim ulang ke yang lain atau ke grup medsos,” tegas Kompol Dhyno.

Sementara itu Ketua ILS, Efendi mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kepada para anggota yang tergabung dan mengaplikasikan apa yang diarahkan oleh Kasatlantas Polresta Sidoarjo.‎ “Dan kita juga akan berkoordinasi dengn anggota admin ‎dan akan lebih selektif dalam menginformasikan kejadian lalulintas yang ada di Sidoarjo,” katanya.

Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat untuk masyarakat,dan dihimbau jangan mudah terpengaruh juga mendengar kabar yang tidak benar atau hoax. Selalu cek dan ricek jika mendapat informasi dari mana pun, atau selalu berkoordinasi kepada pihak kepolisian setempat jika didapati berita yang tidak benar untuk menangkal semua.

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *