Tingkatkan Status Cabjari, Pemkab Pesibar Beri Kuasa Kejari Liwa

  • Whatsapp

surat kuasa kejaksaan liwa- nasional

KRUI, AMUNISI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) memberikan surat kuasa khusus kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Liwa untuk menangani proses ruislag (tukar guling) gedung dan lahan kantor Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Krui.

Surat kuasa tersebut ditandatangani Bupati Pesibar Agus Istiqlal dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Liwa  Alex Rahman, SH.,MH. Penandatanganan berlangsung di Ruang Batu Gugkhi kantor pemkab setempat, Rabu (27/9).

Selain menangani proses ruislag, dalam suarat kuasa itu Pemkab Pesibar juga memberikan kewenangan kepada Kejari Liwa untuk menyelesaikan proses pembangunan kantor dan peningkatan status Cabjari Krui menjadi Kejari.

“Apabila anggaran memungkinkan, pembangunan kantor kejaksaan ini akan kita lakukan dua tahap. Pemkab Pesisir Barat berharap proses pembangunannya bisa secepatnya terealisasi,” kata bupati.

Pada kesemaptan itu, Kajari Liwa Alex Rahman menyampaikan terima kasih telah diberikan kepercayaan menangani proses ruislag dan pembangunan kantor kejaksanan di kabupaten setempat.

“Terimakasih atas kepercayaan ini. Hibah lahan yang cukup luas ini, akan kami  tindak lanjuti dengan mempersiapkan desain bangunan kantor yang berciri khas kejaksaan,” kata Alex.

Dia menerangkan, selain lahan proses ruislag itu meliputi bangunan kantor cabjari. “Ini sifatnya ruislag, jadi hibah lahan itu tidak bisa lepas dari gedung kantor, karena kedungnya menjadi satu kesatuan,” terangnya.

 

Dia juga memastikan, pembangunan dan peningkatan status Cabjari Krui menjadi Kejari tidak bisa dilakukan dalam wakut singkat.

“Proses ini tidak bisa cepat, karena berdirinya kejari harus berdampingan dengan pengadilan negeri dan polres.
Sementara,  kemungkinan gedung ini tetap kita gunakan sebagai Cabjari sambil menunggu terbentuknya polres dan pengadilan negeri di Pesisir Barat,” pungkasnya. (son)

 

Pos terkait