Tol Menuju Mudik Ditutup Mulai Jumat Dinihari

  • Whatsapp

oleh Ulis JP

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID- Akhirnya pelarangan mudik bagi seluruh warga di Indonesia diputuskan oleh Presiden Joko Widodo. Keputusan itu disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Terbatas soal antisipasi mudik.

Terkait dengan hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pengalihan arus kenderaan disejumlah titik ruas jalan termasuk di jalan tol. “Ada tiga titik pengalihan dan penyekatan untuk akses tol di Jakarta karena larangan mudik,” kata Yusri, di gedung Biru Polda Metro Jaya, rabu siang ini (22/4/2020).

Lanjutnya, adapun tol yang akan disekat adalah tol Jagorawi tepatnya di gerbang Tol Cimanggis, gerbang Tol Cikampek dan tol Merak, Bitung.

Hal ini, Yusri menegaskan, semua kenderaan roda empat kecuali angkutan barang dan logistik atau yang diduga akan mudik akan dialihkan untuk putar balik.

“Tentunya ini akan disosialisasikan dulu ke masyarakat mulai hari ini rabu, sebelum diterapkan mulai jumat 24 april 2020 pukul 00:00 wib, dimana larangan mudik diterapkan.

Diwaktu yang sama, Kombes Sambodo, ada tiga Pospam untuk mengamankan kebijakan larangan mudik. Langkah Ditlantas di Pospam ruas tol adalah penyekatan arus mudik dari dan melalui Jakarta yang mencakup tiga ruas jalan tol keluar-masuk Ibu Kota.

Pertama kata Sambodo, di ruas Jagorawi, tepatnya di Gerbang Tol Cimanggis. Selanjutnya, di Gerbang Tol Cikarang, Bekasi, dan di Gerbang Tol Kota Tangerang -ketiganya merupakan yurisdiksi atau wilayah hukum kewenangan Ditlantas Polda Metro Jaya.

Lanjut Sambodo, Ditlantas Polda Metro mendirikan 16 Pospam untuk check point dalam rangka mengamankan kebijakan larangan mudik.

“Pos-pos pemeriksaan itu berada di perbatasan Jakarta dengan kota lain di Jabar dan Banten. Para petugas akan memilah, kendaraan mudik akan diminta putar balik. Untuk aktivitas warga di Jabodetabek tetap diperbolehkan,” ujarnya.

Menurut Sambodo, pergerakan warga di dalam wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi) masih diperbolehkan. Namun, petugas Pospam yang menemukan kendaraan terindikasi akan mengarah ke tujuan mudik akan meminta pengemudi dan penumpangnya putar balik.

“Berlaku bagi angkutan penumpang baik pribadi maupun umum, sepeda motor baik berkendara sendiri maupun berboncengan,” kata Sambodo.

Pos terkait