Tumbuhkan Nasionalisme dan Cinta NKRI Lewat Upacara Bendera

  • Whatsapp

Oleh Hermawan/Tama

pentingnya upacata bendera- ja=tim

SIDOARJO,AMUNSINEWS.COM – Wawasan kebangsaan digelorakan  TNI,khususnya Kodim 0816  Sidoarjo beserta Koramil jajaran.Bukti tetap ditanamkan  tentang pemahaman dan memaknai cinta Tanah Air dan bangsa,guna tumbuh kembangkan semangat patriot dan nasionalisme.

Hal ini diterapkan Koramil 0816/06 Sidoarjo dengan kegiatan upacara bendera di SMPN 2 Tanggulangin.

Nasionalisme harus ditanamkan sejak dini,terlihat wasbang diberikan Danramil Tanggggulangin 0816/06 Kapten.Inf.Dwi Umiyanto selaku Pembina upacara bendera Senin (16/10)

Kapten Inf.Dwi Umiyanto menyampaikan,’ pentingnya untuk melaksanakan upacara bendera tiap hari Senin,selain untuk pencerahan edukasi.Karena perkembangan jaman yang demikian cepat disegala aspek kehidupan manusia di seluruh penjuru dunia pada umumnya disertai pesatnya perkembangan tekhnologi dengan berbagai bentuk serta mudah didapat dan dipahami mau tidak mau berpengaruh dan berdampak pada aspek kehidupan masyarakat Indonesia umumnya,dan generasi muda (pelajar)di Sidoarjo khususnya. Mulai aspek sosial budaya, aspek ekonomi, aspek pendidikan dan aspek jati diri sebagai bangsa Indonesia yang mulai luntur saat ini.

Masih menurut Dwi, lunturnya jati diri pada sebagian generasi muda tentang sikap rasa bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan akibat dari bergulirnya era globalisasi yang merasuk kedalam sendi – sendi kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara ditambah lagi dengan pesatnya perkembangan ilmu pegetahuan di belahan lain bumi ini, berdampak langsung atau tidak pada negara Indonesia yang harus mengikuti agar tidak tertinggal oleh bangsa bangsa lain.

“Pengaruh baik dan buruk yang masuk melalui budaya, pendidikan.Melalui medsos,ekonomi dan lainnya,tanpa disadari serta kurangnya wawasan kebangsaan pada generasi muda saat ini,” ujarnya.

“Untuk mencegah semua itu dan menumbuhkan serta nenanamkan rasa cinta tanah air, bangga sebagai bangsa Indonesia, Koramil 0816/06 tanggulangin berharap kita melalui wawasan kebangsaan,kita tumbuhkan jati diri bangsa dalam Menghadapi Era Globalisasi,’’ terang danramil yang akrab dengan media tersebut.

Terpisah Kepala sekolah SMPN 2 Tanggulanging  Endang S.Pd menyampaikn, rasa sangat berterima kasih kepada pihak Koramil 0816/ 06 Tanggulangin yang telah meluangkan waktu bertindak sebagai Pembina Upacara pada hari Senin 16 Oktober 2017.

Demikian pula dalam amanatnya Danramil menekankan pentingnya upacara bendera setiap hari senin di sekolah agar para siswa/ siswi sebagai generasi muda bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, berwawasan kebangsaan dan kedisiplinan.

“Dengan harapan dari pihak sekolah agar kedepan kegiatan ini bisa dilanjutkan lagi dalam rangka membantu kepada siswa/ siswi dibidang patriotisme untuk lebih cinta NKRI,”ucapnya.

Editor Hendra Usmaya

 

 

 

Pos terkait