Ujian PAS gunakan Hp, Siswa SMK YPM 8 Mudah Kerjakan Soal

  • Whatsapp

Oleh, Merry Tama/Yudi

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Kemajuan IT tampaknya benar-benar dimanfaatkan siswa sekolah. Terbukti para siswa dari kelas satu sampai tiga Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Ma’arif (SMK YPM) 8 tampak sibuk bermain menggunakan handphone (Hp) nya saat ujian.

Pelaksanaan Ujian PAS dengan gunakan Hp (12/12/2018)

Namun jangan salah, Hp yang digunakan bukan untuk mencontek saat ujian,ataupun bermain,tetapi untuk mengerjakan soal penilaian akhir semester (PAS) berbasis komputer.

Metode ujian tergolong unik itu berbeda dibandingkan sekolah lainnya. Pasalnya, ujian berbasis komputer yang biasa dilakukan menggunakan laptop atau komputer,  tapi di sekolah ini para siswa justru menggunakan Hp nya masing-masing Rabu (12/12/2018).

Kepala SMK YPM 8 Sarirogo Sidoarjo, Kisyanto mengatakan kepada wartawan, ujian menggunakan Hp ini dilakukan oleh siswa untuk dua jurusan, yaitu jurusan multimedia dan jurusan elektronika.

“Ada empat jurusan di SMK ini, namun yang menggunakan ujian pakai Hp masih dua jurusan. Dua jurusan lainnya masih melakukan uji coba pakai Hp, terangnya.

Menurutnya, meski menggunakan Hp, para siswa tidak bisa curang atau mencontek. Sebab saat aplikasi berganti, otomatis akan tertutup dan ujian dianggap selesai. Mereka juga tidak bisa membuka aplikasi lainnya. Jadi fokus mengerjakan ujian, tuturnya.

Ia menambahkan, antara siswa dan guru sama-sama belajar. Kalau guru belajarnya memasukkan software, mengaplikasikan IT yang ada. Siswa juga memakai hp tidak hanya sebagai permainan saja, namun juga dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang bisa dioptimalkan.

Walaupun tak memakai ujian kertas, sistem konvensional ataupun menggunakan komputer PC ataupun laptop, ujian ini terbilang sudah semakin ringkas dan efisien. Pasalnya, semua peserta didik merasa mengerjakan soal dengan Hp lebih mudah.

Semoga ke depan bisa mengikuti ujian menggunakan  Hp,” katanya, Rabu (12/12).

Salah satu siswi,Riana mengaku senang menggunakan metode ini. Pasalnya, ujian menggunakan Hp sangat mudah dalam pengerjaannya, kata Riana.

“Sangat gampang pakai Hp, kami pun juga tidak bisa contekan karena soalnya diacak,” terangnya.

Diharapkan dengan semakin canggihnya teknologi, tak hanya di SMK YPM 8 Sarirogo Sidoarjo saja, namun SMK lainnya di kabupaten Sidoarjo, dengan  metode semacam ini bisa diaplikasikan dan diterapkan.

 

Pos terkait