Unjukrasa Ratusan Buruh di KIM Cikande, Menolak RUU Omnibus Law

  • Whatsapp

Oleh, Yadi

KAB.,SERANG,  AMUNISINEWS.CO.ID.- Ratusan Buruh dari kawasan Industri  Jawilan dan Modern, Serang, Banten berunjuk rasa menolak RUU Omnibus Law. Berbagai organisasi serikat buruh berkumpul di Kawasan Industri Modern (KIM) Cikande di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang. Selasa, (21/07/2020)

Usai menyampaikan Aspirasinya para buruh mengajak buruh lainnya demonstrasi menuju Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang, masa berorasi di depan pintu masuk kawasan Industri Modern Cikande.

Para SPN dan Buruh PT BUDI TEXINDO

Kemacetan panjang pun sempat  terjadi, bahkan Kapolres Serang, AKBP Mariyono, harus turun tangan mengatur arus lalu lintas dan menyampaikan kepada awak media amunisinews, dalam hal ini kami melakukan giat pengamanan Aliansi Serikat buruh se kabupaten Serang
“Kita mengupayakan aksi hari ini tidak ada yang mengganggu ketertiban umum, apalagi sampai mengganggu arus lalu lintas dan kemacetan yang dilakukan oleh masa aksi,” kilah nya

Sebanyak 675 orang buruh akan melanjutkan aksinya menuju Kantor DPRD Provinsi Banten di serang Kota. dan 318 orang Personil Kepolisian di turunkan untuk mengaman aksi unjuk rasa tersebut. kata Kapolres Serang Kabupaten, AKBP Mariyono, ditemui disela atur arus lalulintas,

Masa aksi diimbau tidak menutup arus lalulintas, akses jalan tol dan mengganggu ketertiban umum selama berdemonstrasi. Petugas kepolisian juga diminta tidak membawa, apalagi menggunakan senjata api dalam menjaga demonstrasi ratusan buruh di Banten.
“Tidak ada anggota Polri yang membawa senjata api. Provos sudah saya suruh cek, anggota tim khusus dari Brimob menyesuaikan, tapi (penggunaan senjata api) semua atas perintah dari saya sebagai penanggung jawab,” ujarnya.

Sedangkan massa aksi buruh dari wilayah Tangerang Raya, masih berada di daerahnya masing-masing. Mereka masih berkumpul dan berencana akan menjemput buruh yang ada di Kabupaten Serang dan Kota Serang. Kemudian mereka akan bertemu di titik aksi di KP3B, Kota Serang, bersama buruh dari Kota Cilegon.

Di kesempatan yang sama, Kasatlantas Polres Serang Kabupaten AKP Winoto menjelaskan sebanyak 60 personil di turunkan untuk mengatur arus lalulintas di kawasan Jawilan, Kopo, Cikande Asem, Interchange dan Ciruas.

Pada Aksi para Buruh turut hadir Kabagops Polres Serang Kompol Feby Harianto, SH. SIK., M.I.K.  Kapolsek Jawilan AKP Dedi Mirza, Kapolsek Kopo AKP Indik Rusmono SIK.MH, Kapolsek Cikande, Kapolsek Pamarayan AKP Asroji.dan terlihat Pula dari unsur TNI-Danramil Cikande Kapten Inf Sudarsono. Sampai berita ini di turunkan, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para buruh berlangsung aman dan tertib

Pos terkait