Untuk Kejelasan, Partai Politik di Daerah Harus Daftar lewat Sipol

  • Whatsapp

oleh jamilus

parpol

NATUNA , AMUNISINIES.COM – Jelang pendaftaran partai politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna menegaskan sepanjang ada kepengurusan di daerah semua parpol mesti mendaftar ke KPU.

“Input dokumen pendaftaran lewat Sistem Informasi Partai Politik (Sipol),” kata Ketua KPU Kabupaten Natuna Affuandris saat membuka acara Sosialisasi Bimbingan Teknis Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019 di hotel Tren Central, Ranai, Senin, 02 Oktober 2017.

Menurut Affuandris, titik tekannya terletak pada Sipol, di mana partai politik peserta pemilu 2019 dapat melaksanakan pendaftaran sesuai dengan waktu yang ditentukan. “Yaitu, tanggal 3 sampai 16 Oktober 2017,” katanya.

Affuandris mengatakan sebagaimana regulasi yang ada, masing-masing Parpol diwajibkan menyerahkan dokumen persyaratan partai politik, pendaftaran dilakukan sentralistik yaitu partai tingkat pusat ke KPU RI.

Sementara, pengurus partai tingkat daerah menyerahkan daftar keanggotaan yang dilampiri KTA dan KTP Elektronik/Surat Keterangan (Suket) ke KPU Kabupaten/Kota. “Tanpa kecuali bagi parpol baru maupun lama mesti melakukan pendaftaran,” ujarnya.

Masih kata Affuandris, setiap pimpinan partai politik yang akan mendaftarkan ke KPU di semua tingkatannya mesti sudah siap dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Di antaranya, memiliki kantor tetap, keterwakilan 30 persen perempuan, memiliki kepengurusan sesuai yang telah di tentukan oleh peraturan perundang-undangan serta sarat-sarat lainnya. “Juga menunjuk dan menetapkan dua orang penghubung, yang nantinya berkoordinasi dengan KPU.

Hadir dalam acara tersebut 2 utusan calon peserta pemilu dari partai lama dan baru serta stakeholder terkait. Diantara calon peserta pemilu dari Partai  Perindo, Berkarya dan PSI dari 72 partai politik yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM.

editor hendra usmaya

 

Pos terkait