Upacara Bendera yang Tak Biasa di SMKN 15 Kota Bekasi

  • Whatsapp

BEKASI, AMUNISINEWS.CO.ID-Memasuki awal bulan Agustus ini, ada yang tak biasa di SMKN 15 Kota Bekasi. Sekolah yang terletak di Jl Kelapa dua Pedurenan Mustika Jaya Bekasi ini melakukan Upacara Pengibaran Bendera yang disiarkan secara live streaming dan diikuti oleh para siswa serta jajaran guru,  Senin (3/8/2020).

Ini terbilang baru bagi sekolah yang mengadakan kegiatan Upacara Bendera dan disiarkan secara live streaming. Namun hal tersebut sengaja dilakukan untuk memperkenalkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswa dan guru sekaligus sebagai tanda kesiapan sekolah ini dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar di tengah masa pandemi ini.

Pemerintah Kota Bekasi memang belum membuka sepenuhnya sekolah-sekolah di Bekasi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Namun hal tersebut tidak menghalangi sekolah ini untuk tetap dapat melaksanakan fungsinya sebagai tempat menuntut ilmu bagi para siswa karena belajar mengajar dilakukan secara daring ( live streaming ) yg disiarkan lewat channel youtube.

Para siswa juga dapat melakukan absensi lewat channel tersebut dan guru juga dapat langsung memberikan tugas-tugas kepada para siswa  tersebut. Seperti yang dikatakan oleh Kepala Sekolah SMKN 15, Dra. Supriatin, bahwa dirinya akan terus melakukan inovasi-inovasi baru agar siswa dan guru dapat tetap melaksanakan fungsinya.

“Lebih jauh lagi, SMKN ini bahkan akan membuka satu jurusan baru yaitu jurusan broadcasting untuk melengkapi jurusan yang telah ada. Hal ini pun telah dipersiapkan secara matang, karena sekolah ini telah mempersiapkan tenaga-tenaga pengajar yg memang ahli di bidangnya. Sehingga diharapkan nantinya sekolah ini  menjadi yang terdepan dan yang pertama untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara live streaming,”ujar Dra. Supriatin.

Meski masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya, segala persiapan terus dilakukan, peralatan dan perlengkapan juga terus ditingkatkan demi mewujudkan cita-cita sekolah ini.

Perlengkapan dan peralatan penyiaran yang tergolong tidak murah dari mulai kamera, sound system, dan peralatan penyiaran lainnya juga telah disiapkan. Bahkan sekolah ini juga sedang membangun studio penyiaran lengkap dengan ruang editing nya sebagai sarana pelatihan dan penunjang kegiatan KBM secara online.

Berbagai pelatihan juga telah diberikan kepada guru-guru untuk kesiapan mereka dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan sistem daring ini. Para guru nantinya akan diberikan pembekalan dasar-dasar broadcasting, teknis penyampaian materi belajar secara online dan juga kesiapan untuk berhadapan langsung dengan kamera.

Memang untuk beberapa guru tak mudah menyampaikan materi pembelajaran secara online, apalagi harus berhadapan langsung dengan kamera, namun ini tak menyurutkan tekad dan langkah sekolah ini untuk dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan walaupun di tengah pandemi ini.

“Dirinya akan berkomitmen untuk mengembangkan dan memajukan sekolah ini agar pelayanan pendidikan dapat terus berjalan dan dapat dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat,” ucap Dra. Supriatin.

Patut di apresiasi, semoga apa yang dilakukan oleh Sekolah ini dapat memberikan motivasi dan contoh bagi sekolah-sekolah lain terutama SMK khususnya agar dapat terus berkembang dan menciptakan inovasi baru dalam sistem pembelajaran sehingga dapat menciptakan generasi-generasi baru yang berkualitas dan mumpuni. Sesuai dengan semboyan…SMK BISA…

Pos terkait