Upaya Pencegahan Virus Corona, Tiap Desa Dirikan Posko Penanggulangan

  • Whatsapp

Oleh Tama/nug

SIDOARJO,AMUNISI –  Guna mengantisipasi semakin bertambahnya ODP maupun PDP dimasa pandemi virus Corona (Covid-19)Forkopimka Tanggulangin gelar rapat sosialisasi penanggulangan Civid-19 di Posko pencegahan Covid-19 di ruang rapat kantor Kecamatan Tanggulangin Senin (13/4/20).

Dalam sambutannya Camat Tanggulangin Sabino Mariano menyampaikan,kegiatan pencegahan disetiap desa masing-masing menekankan perlunya mencatat warga yang datang maupun usai bepergian dari daerah pandemi melalui rt dan rw setempat guna tertib administrasi.

“Karenanya Desa tanggap Covid-19 di semua desa  diusulkan desa kebencanaan,(tanggab bencana)dengan pembentukan satgas.Namun perlu diketahui pembentukan satgas percepatan Covid-19, ,tidak ada honor hanya konsumsi.Ini saatnya  kita terpanggil sebagai relawan,pungkas Sabino.

Untuk itu konsumsi yang diperoleh yakni mamin(makanan dan minuman) kecuali sifatnya padat karya, yang melibatkan komunitas,materi terkait eduksi sosialisasi,namun hendaknya kordinasi dengan puskesmas,.

Lebih jauh Sabino menambahkan untuk mendata penduduk yang sakit,kegiatan posko di desa sesegera dilaporkan ke Bidan desa.

Membuat ruang isolasi desa bisa dilakukan bisa tidak melihat kemampuan desa.Kita wajib  menjaga,kita lindungi ODP  maupun PDP,maka butuh solidaritas bersama untuk  gotong- royong menanggulangi masalah seperti ini butuh partisipasi masyarakat,kerja bersama saling melindungi menjadi solusi ketika pemerintah kekurangan sumber daya.

Kita tidak perlu lockdown, tetapi kita perlu antisipasi,untuk cek warga luar yang mau masuk tapi tidak untuk menakut – nakuti,sifatnya edukatif , refrentif.saat ini kita utamakan tugas kemanusiaan,tutup Sabino.

Senada Kepala Puskesmas Tanggulangin drg. Erni Wahyuni,Saat ini kita menerapkan Physical Distancing, kita sudah mengedukasi dan melaksanakan kegiatan pencegahan virus Corona (Covid-19)dan secara mandiri di desa masing-masing.

“Edukasi kesehatan sangat penting dan bersama babinsa dan babinkamtibmas sudah kita lakukan,dimana bisa dilihat di media sosial banyak sekali kegiatan positif desa,baik  penyuluhan dan penyemprotan,”terang drg Erni.

Mendata,walau imbauan mudik tidak diperbolehkan tetapi akan masih ada orang yang mudik,kita mendata tamu atau warga yang datang,melaporkan ke pemerintah desa melalui rt dan rw.

Kita tetap mendata Orang Tanpa Gejala(OTG)yang dari luar daerah terutama Surabaya dan daerah lainnya.Diedukasi warga /orang itu agar tidak keluar,keluarnya itu penting atau tidak.dan selalu memakai masker..Dan yangbperlu diketahui yang mendapat bantuan makanan dengan  status PDP, sedangkan ODP dan tidak  ada gejala belum dapat bantuan dari Pemda,terang Kepala puskesmas Tanggulangin drg.Erni.

Posko dan APD Penting Dalam Penangan ODP dan PDP

Sementara  Kanit Sabhara Polsek Tanggulangin  Iptu Sukari mewakili Kapolsek Tanggulangin mengatakan mulai bulan maret kita sudah melaksanakan patroli bersama  satpol pp,,koramil dan pihak kecamatan menertibkan warung -warung kopi yang ada di Tanggulangin.Kedua sudah dibentuk posko satgas penangggulangan corona( Covid-19)di desa dan Kecamatan.

Tetap menggunakan APD yang ada Sesuai SOP,masker baju atau mantel,jas hujan.untuk evakuasi kalau tidak  pakai itu jangan sekali sekali menyentuh apabila ada yang terjangkit virus corona,ujarnya.

Bersamaan Danramil 0816/06 Tanggulangin Kapten Inf.Karyo Edy, upaya mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini wajib,dengan adanya posko bagi yang belum segera.

Kita tidak tahu yang namanya virus kita tidak tahu,makanya physical distancing (jaga jarak)itu perlu kita harus banyak dirumah,

Posko memang perlu bagi penanganan orang-orang yang terpapar,segera dicek dan dilakuakan isolasi selama 14 hari.Namun tidak lepas dari itu, APD dan penyemprotan disinfektan,hand sanitizer juga disiapkan.

“Jaga jarak dan dalam kegiatan ibadah tetap ada jaraknya satu meter satu meter,ini juga uoaya mengantisipasi penyebaran dan penularan dalam situasi seperti ini,”ucap Danramil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *