Waduh, Dalam Sidang Mamin Basel, Istri Bupati Salahkan Mantan Sekda

 

Oleh Herman Saleh

PANGKALPINANG,AMUNISINEWS CO.ID-Waduh, Ekawati Justiar Noor Istri Bupati Bangka Selatan yang menjadi saksi dalam kasus dugaan korupsi makan minum dengan terdakwa Suwandi mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan menyebutkan uang yang mengalir ke Istri Bupati itu bukan salahnya tetapi ini salah Suwandi sendiri.

Itu dikatakannya saat menjawab pertanyaan PH dari Tukijan Keling Posbakum yang mendampingi terdakwa Suwandi dan rekana dlam persidangan.

” Saya tidak meminta, Uang itu diberikan Sekda kepada saya, salah pak Sekda mengapa diberikan,” sebut Ekawati di dalam persidangan kasus makan minum di ruang sidang Garuda Pengadilan Tipikor Pangkalpinang, Senin (6/5).

Begitu juga saat Hakim Ketua menanyakan kepada terdakwa Suwandi, apakah ada yang tidak benar dalam pengakuan saksi-saksi didalam masalah uang 129.000.000,-  menurut terdakwa Suwandi, terdakwa pernah memberikan uang kepada Bupati sejumlah 69.000.000 dan Rp 29.000.000 kepada Riza Herdapit namun Bupati Basel Justiar Noor menyangkal dan begitu juga Wakil Bupati Riza Herdapit juga menyangkal menerima uang tersebut.

“Tidak benar uang itu dari biaya BOP, yang benar itu dari uang makan minum,” ungkap Suwandi dalam persidangan tersebut.

Hakim juga sempat membentak Justiar Noor Bupati Bangka Selatan karena tingkah Bupati dalam persidangan yang tidak kooperatip dimana memberitahukan jawaban kepada istrinya saat isteinya Ekawati ditanyakan oleh PH,

“Bapak tidak boleh memberikan jawaban kepada Istri Bapak saat didalam persidangan, bapak harus kooperatip, ini dalam persidangan, apa nanti bapak saya suruh duduk disini sampai sore,” bentak Hakim Ketua Sri Endang.

Untuk diketahui dalam perkara korupsi anggaran makan minum Setda Pemkab Bangka Selatan 2017 di Pengadilan Tipikor Pangkalpinang menghadirkan 4 saksi kunci. 4 orang saksi tersebut Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dan Istri Ekawati Justiar Noer. Wakil Bupati Riza Herdavid dan istri Elizia Herdavid.
Sementara itu para terdakwa: Suwandi Aks (Sekda Basel), Endang Kristinawati (Kabag Umum), dan Yusuf (Bendahara Umum).

Terkait aliran uang jaksa menguraikan  istri Bupati Bangka Selatan,  Ekawati Justiar Noer, memperoleh sebesar Rp 270 juta.  Riza Herdavid dan istri Elizia Herdavid sebesar Rp 193 juta. Sementara 3 terdakwa menikmati sebesar masing-masing:  Suwandi  Rp 519.800.000,  Endang Kristinawati sebesar Rp 106.300.000 dan  Yusuf sebesar Rp 67 juta. Sisanya saksi Yuzwarly Wahyudi (PPK) sebesar Rp 50 juta.

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *