Walikota Bekasi Segel Dua Pabrik Tak Berizin

  • Whatsapp
Walikota Bekasi Drs. Rahmat Effendi Menyegel Langsung. (Gambar : Istimewa)

Oleh : Casban

AMUNISINEWS.COM, Bekasi – Sebelum melakukan Penelusuran di Kali Bekasi, Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi  melakukan inspeksi mendadak ke 2 pabrik yang berada di area perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi, pada hari Rabu (04/10/2017) bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi beserta Camat Bantargebang.

Bacaan Lainnya

2 pabrik yang di sidak tersebut, ditemukan  PT. Prima Kremasindo yang membuat minuman ringan dengan limbah yang keluar berupa batu bara yang diduga membuang limbah ke Kali Bekasi. Dan PT. Prima Baja Utama di segel oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

“Ini kita segel, enggak boleh beroperasi sampai kewajibannya dipenuhi. Mereka (pabrik) ini banyak pelanggarannya,” tegas Wali Kota Bekasi.

Di dalam area pabrik, Wali Kota menemukan tumpukan bekas batu bara yang menjadi limbah di area belakang dekat tepi sungai, setelah di klarifikasi perusahaan tersebut telah berdiri dari tahun 2011 akan tetapi tidak memiliki izin yang kuat dan tidak di urus upaya mengenai limbah dan lainnya ke Pemerintah Kota Bekasi.

Apa yang dilakukan kedua PT tersebut melanggar UU no 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman 3 tahun penjara atau denda 3 Miliar Rupiah (Pasal 104 UU PPLH).

Dengan tindakan menyegel seperti ini diharapkan tidak ada lagi PT yang membandel dengan membuang limbah pabrik di sekitar lingkungan hidup.

Editor : Ryan S.

Pos terkait