Walikota Tual Minta SKPD Lebih Prioritaskan Berdayakan UMKM

  • Whatsapp

 

Oleh Jecko Poetnaroeboen

TUAL, AMUNISINEWE.CO.ID – Surat edaran Walikota Tual Adam Rahayaan, S. Ag, M. Si berharap SKPD untuk Prioritaskan memberdayakan UMKM guna bertujuan meningkatkan efektifitas penyelengaraan pemerintahan serta peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat.

Walikota Tual resmi mengeluarkan beberapa surat edaran yang diperuntukkan kepada seluruh Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Tual yakni meliputi, surat edaran Nomor 050.13/214, tentang pemberdayaan pengrajin mobiler dan pengrajin lokal UMKM di Kota Tual, surat edaran Nomor. 090.212, tentang perjalanan dinas keluar daerah, surat edaran tentang penyerapan tenaga kerja lokal serta surat edaran tentang koordinasi perencanaan dana desa.

Hal ini dikatakan oleh Kabag Humas dan protokol Kota Tual Moksen Ohoiyuf, S. STP kepada media Amunisinews, rabu (12/02/20).

Moksen Ohoiyuf menyampaikan, bahwa Terkait surat edaran Walikota Tual No. 050.13/214, tentang pemberdayaan pengrajin mobiler dan pengrajin lokal UMKM di Kota Tual. Walikota Tual menegaskan kepada seluruh Kepala SKPD yang memiliki pengadaan belanja mobiler wajib memilih pengrajin lokal untuk Pengadaan.

“Untuk itu, semua SKPD di lingkup Pemerintah Kota Tual, bila ingin belanja pengadaan lokal, seperti Kursi, meja, lemari, maupun menjahit pakaian dinas, bisa langsung saja ke pengrajin lokal dan tidak perlu didatangkan dari luar daerah,’ ujar Ohoiyuf.

Menurut Moksen Ohoiyuf, bahwa dalam implementasi surat edaran tersebut, Walikota Tual telah memerintahkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tual, guna mengawasi seluruh Kepala SKPD dalam mengimplementasi surat edaran ini.

Selain itu, Apa bila di kemudian hari dalam perjalanannya ditemukan adahnya SKPD yang tidak mengindahkan surat edaran ini, maka Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tual diminta menyampaikan laporan secara tertulis kepada Walikota Tual.

Oleh sebab itu, Sesuai dengan semua keputusan yang tertulis dalam surat edaran diwajibkan, maka dari itu semuanya patut untuk dilaksanakan, dan akan ada teguran dari Walikota Tual.

Hal ini harus dilakukan, agar kedepan anggaran yang dikelola oleh pemerintah Kota Tual benar – benar dapat dirasakan langsung oleh pengrajin lokal, dan demi mewujudkan peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat.

“Implementasi dan janji Walikota Tual, saat melakukan tatap muka dengan pedagang pasar Kota Tual beberapa waktu lalu,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *