Warga Kota Palembang Sangat Kecewa Pembukaan Asian Games Tertutup Untuk Umum

  • Whatsapp

 

Oleh Herman Saleh
PALEMBANGBANG, AMUNISINEWS.CO.ID– Umumnya masyarakat warga kota Palembang merasa sangat kecewa dengan panitia pembukaan Asian Games 2018 di Kota Pempek tersebut digelar tertutup.

Terpantau jutaan warga Palembang berkumpul di Air Mancur Jakabaring sejak pukul 17.00 WITA yang menantikan pembukaan pagelaran pesta Olahraga terbesar se Asia itu tidak bisa diijinkan masuk oleh panitia, karena panitia hanya menyediakan 4000 undangan khusus.

“Saya dan keluarga sudah sejak pukul 16.00 berkumpul disini, ternyata kami tidak di ijinkan masuk,” ungkap Doni salah satu pengunjung asal OKi Palembang kepada Amunisi News, Sabtu (18/8/2018) malam.

Hal yang sama diakui juga oleh warga yang lain, mereka datang bersama keluarganya jauh jauh pun harus merasa sangat kecewa sekalai, karena pihak Jakabaring Sport City (JSC) tidak mengijinkan mereka masuk untuk melihat langsung meriahnya Acara pembukaan Asian Games 2018.

“Saya pun harus menempuh perjalanan yang jauh dan bersabar dalam kemacetan yang terjadi di Jalan Bundaran Air Mancur Jakabaring, ternyata saya dan keluarga hanya bisa menyaksikan dari jauh,” ujar Robi yan masih merupakan warga OKI Palembang.

Tidak hanya Doni, Robi yang sengaja datang membawa keluarganya. Romli (35) pun  juga datang untuk menghadiri pembukaan Asian Games 2018. Romli sangat kecewa karena tidak bisa masuk bahkan hanya untuk masuk Jakabaring. “Kecewa banget, sudah datang sama keluarga, tadi sempat coba ternyata tidak bisa,” katanya padahal dia sudah cater Grab.

Masyarakat yang gagal masuk pun tidak langsung pulang. Mereka berkumpul di Bundaran Air Mancur Jakabaring. Karena sejak Sabtu (18/8) pagi warga sudah mengantre untuk membeli tiket dengan harapan pembukaan Asian Games digelar terbuka.

Kekecewaan warga kota Palembang semakin menjadi jadi karena secara tiba-tiba, listrik sebagian wilayah padam sekitar pukul 22.11 WIB. Bahkan hingga kini listrik terlihat masih padam. Warga yang yang asyik berkumpul ini pun mengaku tambah kecewa,

“Secara tiba-tiba listrik padam, sekarang saja Ampera sudah tak terlihat lagi dari BKB. Tadi listriknya padam sekitar pukul 22.11 WIB dan sampai sekarang belum hidup,” kata salah seorang warga asal Medan, Anton Sihombing dengan nada kecewa, Sabtu (18/8/2018).

Diakui Anton, sebelum listrik padam, sempat ada atraksi kembang api di BKB. Termasuk hiburan dengan menampilkan band-band lokal karena masyarakat tak boleh masuk ke kawasan JSC.

“Masyarakat banyak di sini, apalagi tadi kan banyak yang tidak boleh masuk ke Jakabaring. Katanya di Jakabaring acara terbatas. Kecewa berat,” ungkap Anton

“Ada beberapa lokasi sudah hidup, tapi mereka pakai genset bukan listrik dari PLN sepertinya. Sudah hampir 1 jam ini belum ada tanda-tanda menyala,” kesal Anton.

Diketahui lebih kurang  4.000 undangan ikut menghadiri acara welcome night di Kompleks Jakabaring Sport City, Palembang pada Sabtu (18/8/2018) malam, yang diselenggarakan khusus untuk menyambut peserta Asean Games XVIII di Palembang Sumatera Selatan.

Nirmala Dewi yang merupakan Staf khusus Prwsiden INASGOC di Palembang mengatakan undangan sudah disebar ke atlet dan ofisial dari negara-negara peserta. Selain itu, penyelenggara juga mengundang perwakilan dari Pemerintah Daerah Sumatera Selatan, tokoh masyarakat, dan perwakilan dari organisasi olahraga.

“Semalam sudah dilakukan gladi dan bisa dikatakan persiapan hampir 100 persen. Di lokasi sudah ada panggung utama dan layar besar untuk menyaksikan secara langsung pembukaan Asian Games di Jakarta,” kata Nirmala, Sabtu (18/8/2018), dilansir Antara.

Dikatakannya dalam acara di Palembang ini agak sedikit berbeda dengan di Jakarta. Pasalnya panitia lokal mengusung konsep tema pesta kebun atau garden party dengan memanfaatkan area di depan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Selain itu para Tamu di Palembang bisa langsung menyaksikan jalannya opening ceremony Asian Games di Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Seperti menyaksikan defile atlet, itu penting bagi kontingen Asian Games. Meski mereka di Palembang, tentunya mereka juga ingin menyaksikan teman-teman mereka yang ber-defile di Jakarta saat pembukaan,” ujar Dia.

Dalam acara Welcome Night ini, para tamu akan disuguhkan tarian dan musik khas Palembang, Sumatera Selatan. Tampil juga artis, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Di antaranya, Andra and The Back Bone, Andien, dua penyanyi asal Korea, Hwang Young Min dan Choi Dong Wook serta penyanyi asal Jepang, Hiroaki Kato.

“Namun karena keterbatasan tempat, acara ini bersifat terbatas, atau tidak untuk masyarakat umum,” masih katanya dia.

Di Palembang ini akan diselenggarakan 12 cabang olahraga dengan diikuti oleh 3.100 atlet perwakilan dari 45 negara di Benua Asia dan Palembang merupakan kota kedua setelah Jakarta yang menjadi tuan rumah.

Pos terkait