Ade Yasin dan Tiga Anak Buahnya Resmi Jadi Tahanan KPK

Oleh : Lambas

BOGOR, AMUNISINEWS.CO.ID – Bupati Bogor, Ade Yasin beserta tiga (3) jajarannya di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bogor, dan empat (4) oknum BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, hari ini (28/4/2022) resmi menjadi tersangka kasus suap dalam audit proyek Kandang Roda- Pakansari Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, senilai Rp1.024.000.000 juta pada tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan, bahwa dalam kegiatan OTT yang dilakukan tim KPK pada Selasa (26/4/2022) pukul 23.00 WIB di wilayah Bandung dan Kabupaten Bogor, KPK mengamankan 12 orang, namun setelah dilakukan penyidikan ditetapkanlah delapan orang menjadi tersangka.

Adapun kedelapan orang tersangka diantaranya,

1. Ade Yasin (AY), Bupati Bogor periode 2018-2023

2. Ihsan Ayatullah (IA), Kasubbid Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor

3. Maulana Adam (AM), Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bogor

4. Rizki Taufik (RT), PPK pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor

5. Anthon Merdiansyah (ATM), pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat Kasub Auditorat IV Jabar (Pengendali Teknis)

6. Arko Mulawan (AM), pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat (ketua tim audit interim Kabupaten Bogor)

7. Hendra Nur Rahmatullah Karwita (HNRK), pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat (Pemeriksa)

8. Gerry Ginanjar Trie Rahmatullah (GGTR), pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat (Pemeriksa)

Menurut Firli dalam konferensi persnya di Gedung Merah Putih Kuningan Jakarta, Kamis (28/4/2022) pukul 02.00 WIB dini hari, kronologis operasi tangkap tangan berawal dari laporan masyarakat terkait adanya dugaan pemberian uang dari Bupati Bogor melalui orang kepercayaannya kepada anggota tim audit BPK perwakilan Jawa Barat.

Lalu pada Selasa (26/4/2022) tim anti rasuah menuju ke salah satu hotel di wilayah Bogor, namun setelah pihak penerima suap dari BPK perwakilan Jabar itu menerima dana dari pelaku penyuap langsung kembali ke kediamannya masing-masing di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Sehingga tim KPK yang melakukan intaian tersebut secara teknis membagi tugas, ada yang berangkat ke Bandung, dan ada juga yang mencari bukti yang diduga memang dilakukan terkait dengan tindak pidana dugaan perkara korupsi.

Dari hasil giat OTT, tim gedung merah putih berhasil mengamankan 4 terduga pelaku penerima suap yang kala itu tengah berada di tempat tinggalnya masing-masing di Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (26/4/22) malam.

Pada hari yang sama, tim KPK meringkus serta menggiring ke empat tersangka dari BPK Perwakilan Jawa Barat, menuju gedung merah putih di bilangan Jakarta Selatan. Juga mengamankan Bupati Kabupaten Bogor, Adw Yasin saat berada di rumahnya dan 7 ASN di lingkungan Pemkab Bogor yang juga berada kediamannya masing-masing di wilayah Cibinong, Bogor.

“Ke 12 pelaku yang telah diamankan KPK langsung dibawa ke gedung merah putih untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif. Dalam kasus ini, kami tim KPK berhasil melakukan penyitaan barang bukti berupa uang senilai 1 milyar 24 juta rupiah, yang terdiri dari Rp570 juta tunai, dan dana yang berada di rekening bank dengan nilai sekitar Rp454 juta,” Tutup Firli.

Pos terkait