Air Sungai Pawan Berubah Warna Coklat Kemerahan Merahan

Oleh : Teguh/Roesliyani

KETAPANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Jai, salah satu warga Desa Randau Jungkal, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, mengatakan air sungai Pawan benar-benar berwarna keruh kemerah-merahan. Selasa 25/01/2022.

Bacaan Lainnya

Air yang mengalir dari hulu Sungai Pawan ini, sebelumnya tidak pernah sekeruh ini dan ini benar-benar pertama kalinya.

“Selama ini air sungai pawan tidak pernah se keruh ini, dan ini kali pertama dan yang membuat heran, di desa kami Randau Jungkal sudah empat lima hari ini, tidak pernah turun hujan, tapi tiba tiba tadi malam air dari hulu pasang dan bercampur lumpur, coklat kemerah merahan,” terang Jai.

Ketika ditanya penyebab keruh nya air Sungai Pawan, Jai pun tak tau penyebab pastinya. “Di hulu kan banyak sungai sungai kecil ke desa desa, mungkin limbah aktivitas perusahaan yang ada di hulu sana,” tutup Jai.
Di tempat berbeda awak media menemui salah satu personel dari Laskar Anti Korupsi (LAKI) bernama Alek yang juga membenarkan, bahwa Sungai Pawan airnya bewarna keruh, tidak seperti biasanya.
Alek menduga ini akibat aktivitas perusahaan kayu log dan aktivitas tambang-tambang warga di hulu sana.
Karena di seputaran pasar Kecamatan Sandai air nampak keruh sekitar jam 06 pagi.
Untuk info pastinya Alek menjelaskan, “masih harus mengumpulkan data-data dan juga keterangan dari masyarakat terkait aliran air Sungai Pawan ini apa yang menjadi penyebab sebenarnya. Dan apakah dengan keruh nya air ini juga ada kandungan logam berat. Kita masih kumpulkan data dulu, untuk permulaan kita ambil sampel air yang akan kita cek, apakah kadar power of hidrogen (PH) nya, ada unsur racun apa tidak,” tutup Alek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.