Akibat Tegangan Arus Listrik PLN Rendah, Perabotan Terkait Listrik Jadi Rusak.

Oleh : Tim Ketapang

KETAPANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Atas undangan warga, tim Amunisi (27/04) hadir di desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Ketapang, Kalimantan Barat.

Warga desa Laman Satong mengadukan keluhannya bahwa di wilayahnya tegangan listrik selalu rendah dan mengakibatkan perabotan dapur serta perabotan untuk kerja jadi rusak tidak berfungsi.

Abdullah Hajar, Kepala Dusun bersama warganya saat ditemui tim Amunisi di rumahnya, mengatakan “kami selaku warga sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak perwakilan PLN, memang laporannya ditanggapi tetapi nyatanya tidak ada perbaikan,” adu Kepala Dusun dengan nada kecewa.

Warga Laman Satong Manjau, juga mengalami hal serupa, terganggu dan sangat merugikan. Kejadian ini bukanlah baru terjadi, tapi sudah berjalan cukup lama, “kamipun heran, apakah merupakan kelalaian atau unsur kesengajaan dari pihak persero PLN, perwakilan kabupaten Ketapang.” ranya Abdul Hajar selaku Kepala Dusun yang mengharapkan wilayahnya terang benderangbukan sebaliknya suasana redup rendah voltasi.

Kerugian yang dirasakan warga diantaranya, alat elektronik sound sistim, tv, mejiccom, kulkas, mesin cuci, perkakas kerja, dinamo, gergaji dan lainnya terjadi rusak.

“Tegangan listrik sangat minim sekali, yang biasanya listrik bertegangan 220 volt, sekarang hanya tinggal 100 sampai 80 tegangannya, sangat rendah,” jelas Kepala Dusun,meminta pihak PLN agar segera memperbaiki persoalan tegangan rendah ini.

Ditempat terpisah, Herman warga Dusun 1 Desa Manjau juga merasakan hal yang sama, bahwa listrik yang dipergunakannya 3000 watt, “namun mengalami nasip serupa, sama dengan masyarakat yang lainya,” ungkap Herman kepada tim Amunisi.

Selain itu, lanjut Herman, banyak penyambungan listrik tidak mengunakan tiang yang standar, tapi hanya pergunakan kayu yang biasa saja, akibatnya kabelnya menjuntai kebawah sangat membahayakan.

“Diharapkan pihak PLN segera dapat melakukan perbaikan atau pemasangan tiang listrik, sebelum jatuh korban karena kabel menjuntai,” pinta Herman mengingatkan.

Keluhan serupa juga dirasakan warga Saipullah, Sahperi, Rudiansyah dan Juslian, mangadukan arus tegangan listrik tidak stabil dan rendah sehingga perabotan rumah tangga rusak semua. Dan keluhan inipun sudah dirasakan berbulan bulan namun tidak ada perbaikan dari pihak PLN.

Kantor PLN Persero, Kabupaten Ketapang, saat ditemui tim Amunisi untuk konfirmasi terkait tegangan arus listrik rendah di wilayah Desa Laman Satong, di tanggapi serius oleh Petugas jaringan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Kabupaten Ketapang.

“Kami berterima kasih kepada kawan-kawan media atas laporan pengaduan pelanggan PLN, dengan adanya laporan ini kami bisa tau ada permasalah jaringan,” respon Petugas PLN menyambut laporan tim Amunisi.

“Hari ini kami akan turunkan petugas untuk memeriksa jaringan PLN di lokasi tersebut. Saya menghimbau kepada semua pelanggan PLN Persero Kabupaten Ketapang agar ketika ada keluhan terkait jaringan atau permasalahan PLN, langsung mengadukan keluhan tersebut di kantor PLN terdekat atau lewat perwakilan di wilayahnya masing-masing. Dari pihak PLN Kabupaten Ketapang, akan melakukan perbaikan sekarang juga,” tegas Petugas PLN menanggapi keluhan warga Desa Laman Satong.

Pos terkait